Cegah Karhutla, Pemkab Sukamara Gelar Rapat Koordinasi

ENN/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Sukamara Ahmadi saat memimpin rakor pencegahan dan kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Aula Kantor Bupati Sukamara, Kamis 2 Februari 2023.

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggelar rapat koordinasi pencegahan dan kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Aula Kantor Bupati Sukamara, Kamis 2 Februari 2023.

Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengatakan bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat hampir setiap tahunnya adalah karhutla.

Menurut Ahmadi, karhutla memberikan berbagai dampak bagi kehidupan masyarakat, seperti kabut asap akibat karhutla selain mempengaruhi keseharian masyarakat, juga mempengaruhi kualitas lingkungan dan aktivitas ekonomi.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Gelar Safari Ramadan Pertama di Desa Pangkalan Muntai

“Karenanya, pengendalian karhutla sebaiknya berfokus pada upaya pencegahan karhutla, seperti: patroli pencegahan, sosialisasi atau kampanye ke masyarakat dan pihak terkait, pemasangan baliho cegah karhutla, hingga membangun koordinasi informasi dengan berbagai pihak,” kata Ahmadi, usai membuka rakor pencegahan dan kesiapan penanganan Karhutla.

Ahmadi juga menjelaskan jik arus informasi terkait karhutla akan berpengaruh pada kecepatan dan ketepatan respon Manggala Agni serta tim BPBD dalam upaya penanganan Karhutla yang terjadi.

BACA JUGA:   Diskeptan Sukamara Kembali Gelar Pasar Penyeimbang

“Saya juga tidak henti-hentinya mengajak semua stakeholder terkait baik TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, KPHP, Manggala Agni, seluruh camat, kepala desa/lurah, pihak swasta terutama perusahaan besar sawit dan seluruh elemen masyarakat, mari secara bersama – sama berkolaborasi dan bahu membahu mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan kabut asap seperti yang terjadi di tahun 2019,” tukas Ahmadi. (enn).