Dewan Sarankan Segera Bangun Depo Sampah di Kawasan Lingkar Selatan dan Jendral Sudirman Sampit

NARDI/BERITA SAMPIT- Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kotawaringin Timur Sihol Parningotan Lumban Gaol.

SAMPIT – Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Sihol Parningotan Lumban Gaol menyampaikan harus ada solusi terkait tumpukan sampah di pinggir Jalan Moh Hatta lingkar selatan Sampit Kabupaten Kotim

“Kami harapkan dinas terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup Kotim agar bisa sesegera mungkin menyiapkan depo sampah di sekitar komplek-komplek permukiman, agar masyarakat mencari depo sampah tidak jauh,” kata Gaol pada Kamis 2 Februari 2023.

Gaol mengatakan karena semakin banyaknya jumlah penduduk terutama sekitar kawasan lingkar selatan dan Jendral Sudirman Sampit maka perlu diimbangi dengan fasilitas depo sampah yang cukup menampung sampah rumah tangga.

“Hal ini supaya ada keselarasan antara aturan pemberlakuan sanksi adat bagi pembuang sampah secara sembarangan dengan ketersediaan fasilitas depo sampah yang harus disiapkan oleh pemerintah daerah,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya sampah kembali menumpuk di jalan Moh Hatta atau jalan Lingkar Kecamatan MB Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Sampah yang menumpuk ini tidak jauh dari Bundaran Balanga, Jumat 27 Januari 2023.

Perkara Sampah di Sampit seakan tak pernah usai, padahal Kecamatan MB Ketapang sudah menerapkan sanksi adat bagi pelaku yang membuang sampah sembarangan.

Penelusuran Berita Sampit, sepanjang jalan Jenderal Sudirman memang belum tersedia depo. Walaupun beberapa tempat yang sebelumnya yang dijadikan tempat pembuang sampah sebagian besarnya sudah bersih.

Diketahui sebelumnya Camat Mentawa Baru Ketapang, Eddy Hidayat telah meresmikan hukum adat bagi pelaku yang membuang sampah sembarangan akhir tahun 2023 di wilayahnya. (Nardi).