Maraknya Kabar Penculikan Anak, Dewan Sarankan Selalu Jaga Buah Hati

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar dan Nety Herawati.

MUARA TEWEH- Anggota dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar menyarankan agar para orang tua waspada dan intens menjaga anak-anak mereka sekaligus mengawasi buah hatinya agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Pasalnya kabar penculikan anak telah membuat banyak orang tua menjadi khawatir dan sedang ramai terdengar di Indonesia terlepas benar atau tidak kasusnya, namun orang tua diminta tetap waspada bagi ayah dan ibu untuk semakin melindungi buah hatinya.

“Entah kabar itu benar atau pun salah, tapi harapan kami, semua pihak lebih waspada untuk menjaga keselamatan anak atau buah hati mereka terutama bagi para orang tua,” ujar Mustafa Joyo Muchtar, Kamis 2 Februari 2023.

Selain itu, putra kelahiran Desa Lemo ini menyarankan saat anak-anak menimba ilmu di lingkup sekolah harus dijaga dengan baik oleh para gurunya.

Ia juga meminta pihak sekolah, memberikan pemahaman kepada anak-anak jika diajak atau pun diberi sesuatu dari orang yang tidak dikenal agar dapat menolaknya.

“Untuk ini, kami mengimbau agar selalu waspada dan menjaga anaknya, begitu juga Dinas Pendidikan kami harap bisa membuat suatu imbauan atau instruksi pada sekolah-sekolah terutama PAUD, TK, dan SD untuk membuat SOP, misalnya anak tidak boleh diperkenankan pulang jika tidak dijemput oleh orang tuanya,” ucapnya.

“Terlebih lagi, kepada Kepala Sekolah dan dewan guru lainnya agar melarang siswa atau siswi yang ketika melakukan kegiatan belajar mengajar keluar dari area lingkungan sekolah,” jelas legislator dari Gerindra ini. (Isk).