Dinkes Harapkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pencegahan DBD

IST/BERITA SAMPIT - kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan Bahrun Abbas.

KUALA PEMBUNG – Partisipasi dan kepedulian masyarakat dinilai menjadi faktor penting dalam mencegah kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Seruyan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seruyan Bahrun Abbas saat dikonfirmasi beritsampit.com pada Selasa 7 Februari 2023.

“Kita berharap partisipasi dari seluruh masyarakat supaya selain foging yang kita lakukan tetapi dengan pemberantasan sarang nyamuk, karena foging hany membunuh nyamuk, ketika foging selesai jentik-jentik itu akan muncul lagi,” kata Bahrun Abbas.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Pantau Pelatihan E-Reviu di Inspektorat

Dia menyebut, gerakan pemberantasan nyamuk ini memang sangat perlu untuk dilakukan secara bersama-sama. “Yang terpenting adalah kebersamaan kita seluruh lapisan masyarakat melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) atau yang kita kenal dari dulu yaitu 3M,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa program 3M plus Menguras, Menutup, Mendaur Ulang merupakan salah satu bentuk pencegahan dini agar bisa membantu mengatasi penyakit ini.

BACA JUGA:   Optimalkan Pelayanan Hukum kepada Masyarakat, Pemkab Seruyan dan Pengadilan Negeri Sampit IB Tandatangani Kerja Sama

“Yang pasti dia biasanya berkembangbiak di tampungan air-air bersih kayak air mineral yang terbuka, batok kelapa, ban bekas yang kemudian terisi air hujan. Itu jadi sarana nyamuk itu berkembangbiak cepat,” pungkasnya.