Perusahaan Besar Swasta Diminta Ikut Sukseskan Pemilu 2024

Ketua KPU Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih.  (ANTARA/Norjani)

SAMPIT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah meminta dukungan perusahaan di wilayah setempat dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih di Sampit, Kamis mengatakan, mengapresiasi dukungan perusahaan besar swasta (PBS) selama ini terhadap pelaksanaan pemilu dan diharapkan dukungan tersebut diperkuat agar pemilu semakin berkualitas dan optimal.

“Dukungan perusahaan sangat dibutuhkan mulai dari tahapan pendataan pemilih, memfasilitasi sosialisasi hingga saat pelaksanaan pemilu,” katanya.

Menurut dia, sebagian perusahaan sudah ada yang sangat bagus dalam membantu, namun diakui tidak sedikit pula yang belum optimal dalam berpartisipasi menyukseskan pemilu.

“Kami ingin seluruh karyawan yang mempunyai hak pilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik, termasuk mereka yang masih terdaftar domisili di luar daerah. Tanpa dukungan perusahaan, upaya ini tidak akan maksimal,” ujar Siti Fathonah.

Pendataan karyawan sangat penting agar datanya akurat untuk kepentingan pembentukan tempat pemungutan suara (TPS) lokasi khusus di lingkungan perusahaan. Dengan begitu karyawan bisa menggunakan hak pilih mereka dengan baik sesuai aturan.

Jika banyak karyawan yang belum terdata, maka bisa menimbulkan masalah atau menjadi kendala bagi mereka untuk menggunakan hak pilih. Pasalnya, surat suara cadangan di setiap TPS hanya sebanyak 2,5 persen dari jumlah pemilih di TPS tersebut.

Kalau ternyata karyawan yang tidak terdata sebagai pemilih sangat banyak sampai ribuan orang, surat suara cadangan di TPS terdekat tidak akan cukup, sehingga akhirnya mereka tidak bisa menggunakan hak pilih.

“Makanya kami minta bantuan perusahaan agar seluruh karyawan yang mempunyai hak pilih bisa didata dengan baik, sehingga mereka bisa menggunakan hak pilih sebagaimana mestinya,” ujar Siti Fathonah.

Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Dukungan semua pihak sangat diharapkan untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

(ANTARA)