460 Pantarlih di Barito Utara Dilantik, KPU Minta Bekerja Sungguh-Sungguh dan Bertanggung Jawab 

ISKANDAR/BERITA SAMPIT - Foto bersama usai pelantikan Pantarlih di Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

MUARA TEWEH – Sebanyak 460 orang Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk pemilu tahun 2024 di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng) dilantik, Minggu 12 Februari 2023, pagi.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Barito Utara Siska Dewi Lestari mengatakan pelantikan Pantarlih dilakukan serentak seluruh Indonesia sekaligus Bimbingan Teknis (Bimtek) dan apel siaga.

“Hari ini KPU Barito Utara melakukan monitoring terkait apel siaga, pelantikan dan Bimtek Pantarlih serentak se Indonesia, ada 460 Pantarlih dilantik tersebar di 103 desa/kelurahan di sembilan kecamatan, Kabupaten Barito Utara,” kata Siska.

Pantarlih merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemuktahiran dan pendaftaran pemilih memiliki tugas sangat penting guna melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya.

“Kami berpesan Pantarlih dapat bekerja secara optimal, maksimal, bersungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab terutama terkait pencocokan dan penelitian data,” ungkap Siska.

Pantarlih diminta harus tepat dalam mencocokkan data dan teliti dalam bekerja serta dapat membangun koordinasi dengan pihak-pihak terkait salah satunya dengan RT/RW termasuk juga dengan PPS serta Pantarlih yang ada dalam satu kelurahan/desa.

“Tidak hanya nama yang dicocokkan tapi juga elemen-elemen data lainnya termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK),” jelas Siska.

Masa kerja Pantarlih dalam melakukan tugasnya selama dua bulan, sejak dilantik 12 Februari 2023 hingga 12 April 2023.

Pantarlih adalah bagian dari petugas Pemilu yang dilantik oleh PPS berperan dalam pemutakhiran data pemilih Pemilu, nantinya daftar pemilih tersebut akan tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). (isk)