Food Estate Harus Tetap Menjadi Prioritas Nasional

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Rusita Irma.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Rusita Irma menilai bahwa proyek ketahanan pangan, yaitu program Food Estate di eks Pengembangan Lahan Gambut (PLG) sangat baik, dan harus tetap menjadi prioritas nasional setiap tahun.

Ia juga mengatakan, Indonesia adalah negara agraris dan sangat kaya akan hasil alam, sehingga sangat mengherankan apabila bahan pangan selalu import dari negara lain.

“Lokasi atau lahan ketahanan pangan di eks PLG ini sangat baik, sehingga harus tetap menjadi prioritas nasional setiap tahun di kembangkan. Lahan eks PLG itu memang harus terus digarap, karena memang asalnya untuk program sejuta hektar lahan pertanian,” katanya melalui rilis yang diterima pada Minggu, 12 Februari 2023.

BACA JUGA:   Dewan Kalteng Dorong Pemerintah Memenuhi Tanggung Jawab Menyediakan Hak Dasar Masyarakat

Kata Dia, pasca pandemi Covid-19, ekonomi masyarakat masih dalam pemulihan sehingga masih sangat berdampak pada import bahan pangan.

“Negara harus terus menyediakan lumbung pangan untuk negeri sendiri, sebab ketika ada musibah nasional ketahanan pangan masih terjaga dan akan lebih baik lagi kalau juga bisa eksport,” jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk memakmurkan semua daerah dan masyarakat maka seharusnya pemerintah memperkuat sektor ketahan pangan utamanya bidang pertanian, perikanan, dan peternakan.

BACA JUGA:   Peran Aktif Pemda Mengoptimalkan Potensi Daerah Sangat Penting

Menurutnya, masyarakat Kalteng kebanyakan adalah petani, dan masyarakat yang tinggal di pedesaan itu lebih banyak dari di perkotaan.

“Masyarakat lokal di daerah harus diberdayakan secara maksimal. Berbagai peluang usaha harus dibuka, jangan sampai masyarakat di Kalteng tertinggal dari semua provinsi lain di seluruh Indonesia,” tandasnya. (Hardi).