Budaya K3 Membangun Ekosistem Ketenagakerjaan yang Unggul

IST/BERITA SAMPIT - Sekda Kalteng Nuryakin saat membacakan sambutan.

PALANGKA RAYA – Pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak hanya didukung dengan adanya regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan, tetapi juga meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan, salah satunya membangun budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang baik.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin saat membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional. Sekda Kalteng Nuryakin pimpin Apel Bulan K3 Tahun 2023, di Halaman Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kalteng, Senin 13 Februari 2023.

“Pemerintah Indonesia mendukung dan berperan aktif dalam dimasukkannya K3 pada kerangka kerja prinsip-prinsip dan hak-hak mendasar International Labour Organization (ILO) di tempat kerja yang telah disahkan menjadi Resolusi dalam Sidang Ketenagakerjaan Internasional ke-110 di Jenawa pada Juni 2022, karena Indonesia mengakui bahwa K3 merupakan salah satu bagian dari Hak Asasi Manusia,” tuturnya.

Dia menambahkan, peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023 ini yang harus menjadi fokus utama yaitu masalah kesehatan tenaga kerja, karena masih tingginya angka penderita Tuberkulosis (TBC) di tempat kerja.

“Menurut WHO Global TBC Report 2021, Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan jumlah kasus TBC nomor dua di dunia,” jelasnya.

Untuk menanggulangi hal itu, Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah menerbitkan Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja.

“Diharapkan manajemen atau penyedia kerja dapat berpartisipasi aktif terhadap penanggulangan TBC di tempat kerja, dimulai dari saat seleksi pekerja, higiene sanitasi di tempat kerja, hingga gotong royong perbaikan perumahan pekerja,” harapnya. (Hardi).