Dewan Kalteng Mendorong Penyelesaian Tata Batas Provinsi

HARDI/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng Kuwu Senilawati.

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Kuwu Senilawati mendorong upaya penyelesaian tata batas provinsi di Kalteng, salah satunya yakni antara Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Tabalog, Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kami juga terus membantu dan mendorong penyelesaian tata batas provinsi, yakni Kabupaten Barito Timur dengan Kaltim dan Kabupaten Kapuas dengan Kabupaten Tabalog, Provinsi Kalimantan Selatan,” katanya saat diwawancara awak media di Ruang Paripurna DPRD Kalteng, Senin 13 Februari 2023.

Dia menjelaskan, penyelesian tata batas ini sangat penting untuk segera dituntaskan agar tidak menghambat pelayanan kepada masyarakat bertetangga, baik pembangunan, administrasi kependudukan, maupun investasi yang notabene sangat penting untuk daerah maupun masyarakat di provinsi Kalteng.

“Untuk sementara ini ada kesepakatan antara provinsi untuk membentuk tim kordinasi bersama antara Pol PP dua daerah. Guna membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat di daerah desa bertetangga,” jelasnya.

Ia menambahkan, wilayah perbatasan adalah sama-sama di daerah RI, sehingga semangat dan pemahaman akan itulah dibutuhkan kesepahaman antara dua provinsi bertetangga, guna sama-sama mencari penyelesaian yang baik.

“Masyarakat dan aparatur di wilayah setempat kami harapkan bisa saling mengerti, tidak kaku dan ngotot. Kita ingin semua bisa berjalan baik, lancar dan cepat tuntas, agar persoalan tata batas tidak berkepanjangan,” lugasnya.

Dia juga menyebutkan, salah satu yang menjadi perhatian serius mereka adalah menyangkut Desa Dambung, dimana pemerintah pusat dalam memutuskan desa itu masuk wilayah Tabalog merupakan keputusan sepihak tanpa meminta pendapat dari Pemkab Bartim dan Pemerintah Provinsi Kalteng.

“Harapan kami supaya tata batas maupun Desa Dambung bisa kembali ke Kalteng. Pemkab Bartim, Pemprov dan juga kami komisi I terus berusaha. Harapan kami masalah ini bisa segera selesai,” harapnya. (Hardi).