Permudah Layanan Publik, Pemkab Bartim Optimalkan Tanda Tangan Elektronik

Kepala Bidang Pengelolaan Data Statistik dan Keamanan Informasi Diskominfosantik Barito Timur, Migang, menyosialisasikan sistem e-sign atau tanda tangan elektronik kepada pegawai yang baru menerima SK PNS di Tamiang Layang, Jumat (10/2/2023). ANTARA/Habibullah

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Komunikasi, Informasi Persandian dan Statistik setempat mendorong penuh penerapan Informasi Teknologi (IT), salah satunya tanda tangan elektronik untuk mempermudah pelayanan publik.

“Terutama pemanfaatan keamanan teknologi informasi sebagai wujud pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE),” kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Senin 13 Februari 2023.

Menurutnya, dalam beberapa waktu ke depannya nanti maka tidak ada lagi tanda tangan secara konvensional. Tujuannya untuk mempermudah pelayanan publik.

Sistem tanda tangan elektronik atau disebut E-SIGN merupakan salah satu bentuk transformasi digital untuk memberikan jaminan keamanan transaksi dokumen elektronik, dalam mendukung tata pemerintahan yang baik, karena didukung penggunaan sertifikat elektronik yang sangat praktis.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

“Penggunaan sertifikat elektronik yang sangat praktis bertujuan untuk mempercepat pelayanan dan keakuratan serta mendukung program era “paperless office” atau era kantor tanpa kertas,” katanya.

Dia mengatakan, pemanfaatan sertifikat tanda tangan elektronik saat ini menjadi sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten Barito Timur yang mulai bertransformasi untuk penerapan layanan pemerintah berbasis digital.

Seluruh organisasi perangkat daerah maupun Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Timur diharapkan memahami dan mengerti tentang tata cara pengelolaan keamanan informasi melalui sistem E-Sign Barito Timur.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

“Sehingga bisa mempercepat dan memudahkan pelayanan terhadap publik,” kata dia.

Sistem E-Sign Barito Timur juga merupakan wujud nyata untuk terwujudnya penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Barito Timur sebagaimana visi misi daerah yakni Terwujudnya Barito Timur yang sehat, cerdas dan sejahtera melalui pemerintahan yang amanah, untuk menuju Gumi Jari Janang Kalalawah.

“Melalui Bidang Pengelolaan Data Statistik dan Keamanan Informasi Diskominfosantik Barito Timur, Sistem E-Sign Barito Timur gencar disosialisasikan ke sejumlah instansi pemerintah di wilayah setempat,” kata Ampera.

(ANTARA)