60 Raider Se-Kalteng Ramaikan Olahraga Balap Katinting di Kecamatan Kamipang

ANNAS/BERITA SAMPIT - Salah satu Raider Lomba Balap Katinting di aliran sungai Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Masyarakat Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan sangat terhibur dan menyambut baik dengan adanya pelaksanaan Lomba Balap Katinting se-Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), pada 9-12 Februari 2023.

Sedikitnya ada sebanyak 60 peserta atau Raider balap Katinting yang ikut berpartisipasi dari berbagai Kabupaten/Kota Se-Kalteng dengan memperebutkan total hadiah Rp 50 juta.

Camat Kamipang, Ade Irwan mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Baun Bango tersebut sebenarnya terjadwal pada bulan Agustus 2022, namun selalu tertunda beberapa kali akibat kondisi alam yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya kegiatan. Sehingga pada bulan Februari 2023 bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

Menurutnya, kegiatan dilaksanakan karena
potensi di Kecamatan Kamipang tentunya mengambil filosofi dari masyarakat dengan mata pencahariannya terutama di Perikanan, karena masyarakatnya cenderung mengunakan alat transportasi air berupa perahu/kelotok kecil.

BACA JUGA:   Bocah 5 Tahun Meninggal Dunia Diduga Akibat Salah Tembak

“Kemudian ini berkembang menjadi suatu olahraga yang digemari oleh masyarakat di Kecamatan Kamipang. Sehingga potensi tersebut akhirnya bisa kita kembangkan menjadi destinasi wisata juga, lalu dibentuklah sebuah panitia di Kecamatan dan masyarakat di Desa Baun Bango,”jelas Ade Irwan.

Dengan demikian agenda ini, menurutnya akan dilaksanakan rutin setiap tahun dan didukung oleh pemerintah daerah, KORMI Katingan, pihak TNI/Polri sehingga terlaksana dengan baik dengan diikuti peserta dari berbagai Kabupaten/Kota Se-Kalteng. Tidak hanya itu, Balap Katinting ini meningkatkan tarap perekonomian masyarakat sekitar seperti tempat penginapan, penjualan makan/minuman, jasa trasportasi dan lain-lainnya.

BACA JUGA:   Kodim 1019 Katingan Akan Gelar Bazar Murah Ramadan 1445 Hijiriah

“Mudah-mudahan ini nantinya untuk wilayah Kabupaten Katingan dan pihak terkait bisa melihat potensi kegiatan ini untuk diangkat sebagai olahraga masyarakat pada tingkat regional,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Olahraga Balap Katinting Suwarjono A. Maniti, mengatakan bahwa lomba yang diikuti terdiri dari kelas Tun Up sebanyak 48 raider dan kelas Standar sebanyak 12 raider dengan total semua sebanyak 60 Raider Se-Kalteng.

“Informasinya sebelumnya masih banyak peserta dari Provinsi yang ingin mendaftar, namun kami dari panitia menutup jadwal karena sudah melewati batas waktu yang kita tentukan. Total hadiah sebanyak Rp 50 juta, kegiatan ini juga mendapat bantuan dari Kormi Kabupaten Katingan,” singkatnya. (Annas).