KPU Barsel Ikuti Peluncuran Kirab Pemilu 2024 Serentak 

DEDDY/BERITA SAMPIT: Ketua KPU Barsel Bahruddin (enam dari kiri) saat mengikuti peluncuran kirab pemilu 2024 serentak yang disiarkan secara online.

BUNTOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengikuti peluncuran kirab pemilu tahun 2024 setahun menuju hari pemungutan suara yang serentak disiarkan secara online, Selasa 14 Februari 2023 bertempat di aula KPU setempat.

Ketua KPU Barsel Bahruddin usai kegiatan mengatakan kegiatan deklarasi yang mengusung tema “Pemilu 2024 Sebagai Sarana Integrasi Bangsa” dengan pelepasan perjalanan 18 bendera parpol dari tujuh titik yang ada di Indonesia serta diikuti 38 Provinsi 514 Kabupaten/Kota.

Pelaksanaan kegiatan ini, lanjutnya, dilaksanakan secara hybrid dari 8 lokasi dan disiarkan langsung melalui live streaming di medsos resmi KPU RI.

“Pelepasan 18 bendera parpol ini, akan melalui beberapa kota di seluruh Indonesia yang dilepas dari 7 titik selain dari Kantor KPU RI,” katanya.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Menurutnya, perjalanan 18 bendera parpol nantinya wilayah Kalteng masuk dalam jalur 3 meliputi Provinsi Kalbar, Kalteng, Kalsel, Jateng, Jabar dan kembali ke Jakarta.

“Jadi 18 bendera parpol akan diserahkan ke Ketapang kemudian ke Lamandau, Sukamara, Kobar, Seruyan, Kotim, Palangka Raya, Pulpis, Kapuas dan diserahterimakan di Banjarmasin Provinsi Kalsel,” jelas Bahruddin.

Dari 9 Kabupaten/kota di Kalteng yang dilewati 18 bendera parpol tersebut kata Bahruddin, ada beberapa kabupaten yang tidak dilewati. Namun tetap bersiap-siap, jika dalam perjalanannya ada perubahan untuk melalui Barsel misalnya maupun Bartim.

“Jadi tim yang melaksanakan kirab, sekaligus mensosialisasikan di semua kota yang dilalui di seluruh Indonesia,” terangnya.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Perjalanan 18 bendera parpol yang dilepas hari ini 14 Februari 2023 lanjutnya, bertepatan satu tahun menjelang hari pemungutan suara 14 Februari 2024.

“Selanjutnya akan berakhir, sekitar dua hari menjelang masuknya tahapan kampanye,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya berharap di Barsel khususnya pemilu bisa berjalan dengan aman, damai, kondusif dan lancar.

“Serta pelaksanaannya bisa secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Sehingga, pemilu betul-betul pemilu yang berintegritas,” pungkas Bahruddin.

Acara tersebut, diikuti seluruh jajaran Parpol peserta pemilu, Bawaslu, Kepala Kesbangpol, Mahasiswa dan sejumlah pelajar. (Ded)