UPT Dinas Peternakan Kalteng Kembangkan Peternakan Ayam Broiler Diapresiasi DPRD

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Natalia.

PALANGKA RAYA – Ketersedian daging ayam di Kalimantan Tengah masih ketergantungan dengan pasokan dari Banjarmasin dan Pulau Jawa. Untuk mengurangi tingkat ketergantungan yang tinggi akan hal tersebut, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Peternakan Kalteng mengembangkan peternakan ayam broiler di Km 38 Palangka Raya, Kalteng.

Ayam broiler atau yang disebut juga ayam ras pedaging adalah jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam.

“Tahun ini, UPT Dinas Peternakan Km 38, mulai mengembangkan peternakan ayam broiler,” kata Anggota DPRD Kalteng Natalia melalui rilis yang diterima pada Rabu 15 Februari 2023.

Ia juga menyebutkan, untuk lokasi lahan sudah tersedia, tinggal di kelola dengan baik dan maksimal.

“Lahan sudah ada yakni milik Pemda, diharapkan nantinya dari kegiatan peternakan tersebut bisa untuk menambah sumber pendapatan asli daerah (PAD) dan juga guna mampu memenuhi kebutuhan masyarakat lokal,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan kapasitas kandang yang dibangun mampu untuk menampung 40 ribu ekor ayam broiler.

“Program dari UPT ini baru pertama kali, dan mulai tahun ini dengan anggaran dana sekitar Rp.4 miliar,” lugasnya.

Natalia yakin, kalau program UPT tersebut sukses, maka Kalteng, khususnya untuk masyarakat Kota Palangka Raya, tidak lagi tergantung dengan pasokan ayam dari luar Kalteng. (Hardi).