Antisipasi Resesi, Dewan Kalteng Minta Pemerintah Ciptakan Lapangan Kerja

IST/BERITA SAMPIT - Ilustrasi resesi

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Henry M Yoseph mendorong pemerintah membuka atau menciptakan lapangan pekerjaan dalam rangka mengantisipasi kemungkinan dampak dari resesi ekonomi global tahun 2023-2024.

“Tahun ini pemerintah harus banyak membuka lapangan kerja, dengan cara mengundang investor masuk ke Kalteng,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Sabtu 18 Februari 2023.

Dia menjelaskan, para pengusaha ataupun investor sangat diharapkan keberadaannya masuk ke Kalimantan Tengah, guna membuka lapangan kerja dan lapangan usaha bagi masyarakat.

“Pengusaha kaya itu pasti bawa banyak uang kalau datang. Karena itu pemerintah daerah harus bisa mengambil hati mereka, dengan cara memberikan akses pelayanan yang baik, kemudahan dalam perijinan. Mereka harus disambut layaknya raja, yang harus diistimewakan,” jelasnya.

Ia juga tetap mengharapkan, agar semua proses tetap sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.

“Untuk menarik para konglomerat masuk ke Kalteng, maka solusinya perizinan harus dipermudah supaya semakin banyak investor masuk, di mana investor datang untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau dipersulit, siapa yang handak investasi,” lugasnya.

Kata Dia, kalau Kalteng masih minim pengusaha atau investor, maka lapangan kerja dan lapangan usaha juga akan lambat berkembang.

“Pemerintah dan masyarakat Kalteng harus bisa membuka diri, agar pengusaha-pengusaha nasional, bisa membuka lapangan usaha bagi masyarakat kita. Soal perizinan usaha kalau perlu di bantu, kalau sudah sesuai syarat berikan izin dengan cepat,” tandasnya. (Hardi).