Kos-kosan Enam Kamar di Gunung Mas Ludes Terbakar 

IST/BERITA SAMPIT - Api menghanguskan rumah kos enam kamar di jalan Tjilik Riwut, Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

KUALA KURUN – Sebuah rumah kos enam kamar di jalan Tjilik Riwut, Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah terbakar, Selasa 21 Februari 2023, sekitar pukul 22:25 WIB.

Dua unit mobil Damkar dan satu unit water canon miliki Polres Gumas diterjunkan ke lokasi dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.45 WIB.

Berdasarkan pantauan wartawan media ini di lapangan, bangunan beton yang terbakar merupakan kos-kosan 3×4 meter sebanyak enam kamar.

“Informasinya sumber api berasal dari kamar ujung yang nomor enam, dan menyebar ke seluruh kos yang lainnya,” ungkap Ato (60) orang tua dari  penghuni kos nomor empat menyebutkan kronologis kejadian awal peristiwa kebakaran yang menimpah kos tersebut.

Penghuni kos lainnya, lanjut Ato, hanya bisa menyelamatkan apa yang mereka bisa selamatkan sebelum api merambat ke yang lainnya.

“Tadi mereka memindahkan kendaraan terlebih dulu ke tempat yang agak jauh dari titik api, baru beberapa barang penting lainnya yang memang bisa untuk di selamatkan dahulu,” tuturnya.

Di tempat itu juga, Akbar (22) salah seorang penghuni kos nomor tiga menyebutkan, sebelum api membesar dirinya masih berada di dalam kos dan mendengar ada ledakan sehingga mengakibatkan arus listrik mati.

“Saya melihat asapnya besar, baru saya sadar ada kebakaran, dan saya pun langsung keluar menyelamatkan diri terlebih dahulu,” sebut Akbar.

Karena panik melihat api yang kian membesar, dirinya keluar dari kamar kosnya tanpa ada menyelamatkan barang apapun.

“Barang saya tidak ada yang bisa di selamatkan, mulai dari berkas-berkas berharga seperti sertifikat, izasah dan berkas lainnya, tidak bisa di selamatkan dan hangus terbakar,” tutupnya.

Sebelum berita ini diterbitkan, saat ini pihak kepolisian Polres Gunung Mas sedang melakukan penyelidikan terkait penyebab peristiwa tersebut,(Ale)