Pj Bupati Kobar Anang Dirjo Membuka Sosialisasi Program Permagangan Jepang

IST/BERITA SAMPIT : Pj Bupati Kobar Anang Dirjo, saat membuka Sosialisasi Pemagangan Jepang.

PANGKALAN BUN – Sebagai bagian menumbuhkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) terus mendorong berbagai inovasi, termasuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan dan permagangan. Hal ini demi mengurangi permasalahan di sektor ketenagakerjaan yang saat ini dihadapkan pada dua faktor krusial yaitu lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja.

Berkaitan dengan hal ini, pada Rabu 22 Februari 2023, Pemkab Kobar melaksanakan sosialisasi program permagangan Jepang di Ballroom Brits Hotel Pangkalan Bun.

Kegiatan ini adalah bagian dari program International Manpower Jepang hasil kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Jepang.

BACA JUGA:   SMAN 2 Kumai Bagi-Bagi Paket Sembako dan Infak Ramadan 1445 H, Kepsek Drs. Ridwan: Wujud Peduli Sesama Tunai Tugas Ilahi

Program ini membuka penerimaan tenaga magang untuk diberikan pelatihan sesuai bidang perusahaan yang akan dituju dengan maksud sebagai upaya peningkatan kemampuan SDM mendekati standar kompetensi industri multinasional agar nantinya mampu bersaing di pasar kerja global.

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo, dalam sambutannya mengatakan, program ini memiliki andil terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya dalam memperluas dan menciptakan lapangan kerja.

“Saya berharap program ni terus berlanjut dan bukan sekedar seremonial saja, namun melalui kerjasama ini, Insyaallah kita bisa mengirimkan putra-putri daerah,” kata Anang Dirjo.

BACA JUGA:   Celoteh Pedagang Nasi dan Bubur Sum-Sum: Harga Beras Kalau Sudah Naik Tidak Bakalan Turun Lagi

Anang Dirjo juga mengungkapkan berdasarkan data BPS pada Agustus 2022, angka pengangguran terbuka sebesar 4,26 %.

“Angka pencari kerja tersebut apabila ditingkatkan kualitas dan dioptimalkan pendayagunaannya, akan menjadi modal dasar pembangunan yang kuat dalam mendorong perekonomian dan daya saing. Maka  dalam kesempatan ini, saya berharap kepada para peserta sosialisasi khususnya bagi masyarakat pencari kerja  dapat sekiranya memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” imbuh Anang Dirjo. (Man)