SDN 2 MB Hulu Kemah Pramuka Untuk Latih Kemandirian Siswa

NARDI/BERITA SAMPIT- Murid SDN 2 MB Hulu ikuti kegiatan Pramuka Perkemahan Jumat-Sabtu.

SAMPIT – Murid-murid SDN 2 Mentawa Baru Hulu melaksanakan kegiatan Pramuka Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) pada 24-25 Februari 2023 di halaman sekolah yang beralamat di Jalan MT Haryono Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Kepala SDN 2 MB Hulu Nita Neaty menyampaikan banyak manfaat dari berkemah seperti melatih anak untuk mandiri, bertaqwa, peduli dan terus berprestasi, serta menambah pengalaman.

Ia berharap kegiatan bisa berjalan lancar dan para murid-murid bisa mengikuti perkemahan dengan penuh semangat dan tertib.

“Peserta yang ikut sebanyak 14 regu, satu regu terdiri dari sekitar 12 orang, dari kelas IV, V dan VI semua berpartisipasi,” ungkap Nita.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menghidupkan kembali kegiatan Pramuka karena sudah lama vakum akibat pandemi Covid-19 lalu.

Adapun rangkaian kegiatan dalam Perjusa dimulai dari Jumat pagi para murid setelah senam kemudian mendirikan tenda, saat sore hari dilaksanakan Upacara Pembukaan Perjusa. Dan dilanjutkan kegiatan api unggun pada malam hari serta lomba yel-yel regu.

Untuk Sabtu dimulai dengan olahraga pagi, lomba kebersihan tenda, serta dilanjutkan dengan kegiatan penjelajahan. Kemudian pada sore harinya akan dilaksanakan Upacara Penutupan Perjusa.

Dia menambahkan sebelumnya juga sudah dilakukan fogging atau pengasapan di sekolah pada hari Kamis sore, untuk membasmi nyamuk agar murid-murid terhindar dari gigitan nyamuk saat kegiatan kemah.

Murid-murid sangat antusias dalam kegiatan perkemahan tersebut, karena merupakan pengalaman berharga yang tak akan terlupakan bagi mereka. (Nardi)