Panen Nusantara Pada Bulan Maret di Kalteng Akan Dihadiri Presiden

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo

PULANG PISAU – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo menyampaikan bahwa pada pertengahan bulan Maret nanti Presiden RI Joko Widodo akan berkunjung ke Kalteng khususnya di Kabupaten Pulang Pisau, dalam rangka pelaksanaan Panen Nusantara.

“Panen Nusantara ini nasional, karena musim tanam-panen di tahun 2023 ini terjadi di Oktober-Maret, dimana bulan Oktober adalah musim tanam dan bulan Maret panennya,” katanya saat menghadiri acara Peringatan Hari Jadi ke-42 Desa Talio Muara, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, di Lapangan Sepak Bola desa setempat, Minggu 26 Februari 2023.

Provinsi Kalteng memiliki program nasional food estate atau ketahanan pangan nasional, dan Kabupaten Pulang Pisau menjadi salah satu daerah penghasil padi.

“Presiden Joko Widodo ingin melihat panen di lahan food estate kita yang luasannya kurang lebih empat ribu hektare. Dari empat ribu hektare itu, kurang lebih ada 705 hektare yang sudah siap panen,” jelasnya.

Selain di Kabupaten Pulang Pisau, beberapa daerah seperti Kabupaten Bantul dan Provinsi Sulawesi Selatan juga menjadi lokus Panen Nusantara. Tetapi pusat kegiatannya tetap di Kalteng.

Sementara itu, pada peringatan hari jadi ke-42 Desa Talio Muara ini, Wagub berharap Desa Talio Muara bisa semakin maju dan semakin jaya bersama dengan rakyatnya.

“Tetap jalin kebersamaan antar tokoh dan antar masyarakat, saya yakin dengan kebersamaan, maka Desa Talio Muara akan semakin maju dan sukses pembangunannya,” pungkasnya. (Hardi).