40 Atlet Futsal Kotim Jalani TC

Suasana pemusatan latihan atlet futsal Kotim yang akan diseleksi menjadi tim inti yang akan berlaga pada Porprov XII Kalteng di Sampit pada Juni nanti, (28/2). (ANTARA/Norjani)

SAMPIT – Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Kotawaringin Timur mulai melaksanakan pemusatan latihan atau training center yang diikuti 40 atlet sebagai persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang digelar di Sampit pada Juni.

“Sebelumnya, AFK sudah melakukan seleksi di tiga zona dan terpilih 40 atlet, terdiri dari 20 putra dan 20 putri. Selanjutnya mereka mengikuti TC (pemusatan latihan) yang dimulai 26 Februari,” kata Sekretaris AFK Kotawaringin Timur Adi Wahyudi di Sampit, Rabu 1 Maret 2023.

Kotawaringin Timur menargetkan mampu menyapu bersih medali emas futsal pada Porprov mendatang sehingga persiapan dilakukan semaksimal mungkin agar kemampuan tim futsal putra dan putri lebih maksimal sehingga mampu tampil sebagai juara.

Pemusatan latihan dilaksanakan di gedung tenis indoor di kompleks Stadion 29 November Sampit. Gedung tenis yang berlokasi di Jalan Tjilik Riwut tersebut kini telah diubah menjadi lapangan futsal berstandar nasional.

Peserta pemusatan latihan diarahkan mengikuti kegiatan dengan baik dan menampilkan kemampuan terbaiknya. Pemusatan latihan akan menjadi bahan evaluasi bagi AFK dalam membentuk tim futsal Kotawaringin Timur yang akan berlaga di Porprov Kalteng.

Ketahanan fisik menjadi penilaian utama dan sangat menentukan pemain yang nantinya dipilih menjadi tim inti pada Porprov Kalteng.

“Penilaian lainnya adalah taktik bermain dan kekompakan secara tim karena dua faktor ini sangat penting dalam futsal. Tim penilai akan melakukan penilaian secara menyeluruh,” jelasnya.

Selama pemusatan latihan, penampilan setiap atlet akan dinilai dan dievaluasi. Dari 40 orang, akan diseleksi hingga tersisa 14 atlet masing-masing tim putra dan putri.

Selanjutnya, pemusatan latihan akan difokuskan untuk meningkatkan kemampuan seluruh atlet agar semakin bagus dan siap bertanding meraih juara.

Ia menambahkan, pemusatan latihan akan dilaksanakan hingga Porprov digelar. Seluruh atlet juga diharapkan terus mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan diri.

“Kita ingin melihat perkembangan ketahanan fisik para pemain karena sudah dipastikan mereka akan menghadapi pertandingan yang padat,” kata Adi Wahyudi.

(ANTARA)