Awal Maret 2023 Diprakirakan Sering Terjadi Hujan Ringan Hingga Lebat di Kotim

NARDI/BERITA SAMPIT - Kota Sampit diguyur hujan, Rabu 1 Maret 2023.

SAMPIT – Stasiun BMKG Bandara H Asan Sampit memprakirakan cuaca awal bulan Maret 2023 masih berpotensi mengalami hujan ringan hingga deras di wilayah Kotawaringin Timur (Kotim).

“Diprediksi wilayah Kotim masih berpotensi mengalami hujan ringan hingga hujan lebat disertai guntur,” ungkap Kepala Stasiun BMKG H Asan Sampit Musuhanaya, Rabu 1 Maret 2023.

Ia juga menyampaikan oleh karena itu masyarakat harus waspada akan adanya banjir, terlebih bagi mereka yang tinggal di bantaran sungai, maupun wilayah rawan banjir.

BACA JUGA:   Lapak Pengepul CPO Ilegal di Sampit Menjamur, Disinyalir Terima Penggelapan

Sementara itu BMKG Sampit juga memprakirakan tinggi gelombang air laut sekitar 1 – 2 meter di Teluk Sampit, sedangkan di Laut Jawa sekitar 1,5 – 3 meter.

“Para nelayan diharapkan berhati-hati saat pergi melaut karena gelombang cukup tinggi dan berbahaya,” ungkapnya.

Terpantau Kota Sampit dan sekitarnya diguyur hujan pada Rabu 1 Maret 2023 dan beberapa hari belakangan juga diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga deras.

BACA JUGA:   Sejumlah Pohon Bertumbangan di Sampit Saat Diguyur Hujan Jumat Pagi

Dikutip dari situs BMKG, beberapa wilayah di Indonesia berpotensi hujan sedang hingga lebat itu bisa terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bulukumba, Lampung, Banten. Kemudian, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. (Nardi).