BMKG Minta Warga Kalteng Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Pengendara melintasi salah satu jalan saat hujan mengguyur Kota Palangka Raya, Rabu (1/3/2023). (ANTARA/Rini Andriani)

PALANGKA RAYA – Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut Palangka Raya, Alfandy, meminta masyarakat di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

“Selama sepekan mendatang, wilayah Kalteng berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan sambaran petir,” kata Alfandy di Palangka Raya, Rabu 1 Maret 2023.

Pihaknya mengimbau masyarakat di wilayah Provinsi berjuluk “Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila” juga diminta mewaspadai adanya pertumbuhan awan konvektif atau awan Cumulonimbus.

“Keberadaan atau munculnya awan tersebut, menjadi tanda-tanda umum segera terjadinya hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir,” katanya.

BACA JUGA:   Kemenag: Kalteng Belum Terlihat Hilal

Kondisi itu juga harus menjadikan masyarakat semakin waspada terhadap potensi adanya genangan air, banjir, banjir bandang, tanah longsor dan pohon tumbang akibat terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

BMKG secara berkala juga selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta pihak terkait lain terkait potensi dan perkembangan cuaca di Kalteng. Tujuannya agar seluruh masyarakat dapat melakukan antisipasi bencana akibat perubahan cuaca.

“Jika melihat fenomena tersebut masyarakat agar waspada dan segera mencari tempat teduh namun tidak di bawah pohon,” kata Alfandy.

Sementara saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir, masyarakat diminta segera mencari tempat berlindung yang aman seperti di dalam rumah atau gedung.

BACA JUGA:   Dishub Kalteng Berkerja Sama dengan BPTB Kelas II Selenggarakan Mudik Gratis

“Jauhi papan reklame atau baliho, pohon besar dan jangan berada di lapangan atau tempat terbuka untuk menghindari sambaran petir atau tumbangnya pohon, papan reklame dan sejenisnya. Berlindunglah di bangunan permanen,” katanya.

Untuk dapat memperbaharui informasi perkembangan cuaca, masyarakat dapat mengakses layanan yang diberikan BMKG melalui laman resmi BMKG, aplikasi BMKG dan berbagai media sosial BMKG.

Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terhadap potensi bencana alam akibat cuaca, BMKG juga selalu menyampaikan prakiraan dan perkembangan cuaca terbaru kepada pemerintah daerah, instansi vertikal.

(ANTARA)