Disdik Palangka Raya Berupaya Tingkatkan Kompetensi Guru melalui Bimtek

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Jayani. ANTARA/HO-Disdik Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan kompetensi para guru di daerah setempat pada 2023 ini dengan menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani di Palangka Raya, Rabu 1 Maret 2023 mengatakan kegiatan peningkatan kompetensi guru bertujuan dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) guna komitmen mewujudkan visi dan misi wali kota terkait dunia pendidikan.

“Kegiatan tersebut mengangkat tema ‘Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (Implementasi Kurikulum Merdeka) Jenjang SD Tahun 2023’. Selanjutnya juga mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikburistek) yang telah mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PPM),” katanya.

Jayani menuturkan, langkah tersebut dilakukan tentunya sebagai bentuk keseriusan pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya melalui Disdik setempat terus berupaya memberikan langkah nyata dalam dunia pendidikan.

BACA JUGA:   Usai Melantik, Sekda Kalteng Berpesan Tingkatkan Pelayanan Publik

PMM tentunya merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila.

“Bapak Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin sangat berkomitmen terhadap dunia pendidikan. Maka dari itu di PMM itu memiliki fitur belajar, mengajar dan berkarya,” ucapnya.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya itu mengungkapkan, kegiatan ini dengan sasaran tenaga fungsional guru yang belum pernah mengikuti diklat atau bimtek tentang pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar.

“Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan itu beberapa waktu lalu sebanyak 60 guru Sekolah dasar (SD), yang dilaksanakan dari tanggal 14-16 Februari 2023. Ini merupakan tahap I bimbingan teknis untuk Guru SD dan akan berlanjut untuk tahap ke II yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” bebernya.

BACA JUGA:   Wanita Pencuri Uang Rp50 Juta Milik Lansia Telah Beraksi Puluhan Kali di Sejumlah Wilayah

Ditambahkan Jayani yang juga mantan Kepala SMPN-2 Palangka Raya itu, dalam bimbingan teknis yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya tahun ini, sebagai tim pengajar adalah guru penggerak dan pengajar praktik angkatan empat tahun 2022, yang sudah dikukuhkan pada bulan Januari 2022 lalu.

“Bahkan juga sudah dibentuk komunitas guru penggerak yang bernama Komunitas Guru Penggerak BATARUNG Kota Palangka Raya. Kegiatan ini bertujuan agar peserta mempunyai kemampuan memanfaatkan platform merdeka mengajar dan IKM untuk pembelajaran di sekolah,” tutup Jayani.

(ANTARA)