Puluhan Anak di Palangka Raya Ikuti Khitanan Massal

    Tim medis dari Denkesyah 12.04.02 Palangka Raya melakukan penanganan khitan kepada 30 orang anak yang ada di ibu kota Kalteng itu, Minggu (5/3/2023). ANTARA/Adi Wibowo

    PALANGKA RAYA – Puluhan anak di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan oleh Yayasan Fadhilah Az-Zahra bersama Denkesyah 12.04.02 Palangka Raya secara gratis.

    Ketua Yayasan Fadhilah Az-Zahra Agus Susanto di Palangka Raya, Minggu 5 Maret 2023 mengatakan dalam kegiatan khitanan massal ini ada 30 anak kurang mampu yang mendaftarkan diri dari usia 6 sampai 12 tahun yang berasal dari daerah setempat.

    “Khitanan massal ini dilaksanakan dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah yang hanya tinggal hitungan hari saja lagi,” katanya di Palangka Raya.

    Agus Susanto juga menuturkan, bahwasanya kegiatan seperti ini sudah delapan kali dilaksanakan Yayasan Fadhilah Az-Zahra dengan total keseluruhan anak yang sudah di khitan secara massal di kota setempat jumlahnya ratusan.

    Ia menjelaskan, kegiatan itu tidak hanya untuk yang beragama Islam saja, melainkan mereka juga melayani anak anak dari berbagai agama sebab kegiatan tersebut terbuka untuk umum, dengan tujuan membantu mereka yang notabenya tidak mampu, karena biaya khitanan sekitar Rp700-800 ribu.

    Ia memohon dukungan masyarakat dan pemerintah setempat agar terus bisa melakukan  khitanan massal setiap tahunnya.

    Di lokasi yang sama, Perwira Urusan Kesehatan Denkesyah 12.04.02 Palangka Raya, Lettu CKM dr. Bambang mengatakan bahwasanya dalam kegiatan tersebut menurunkan 10 di orang personel tenaga medis dalam penanganan khitanan bagi puluhan anak.

    “Kita berikan penanganan terbaik dan 10 personel dilibatkan,” katanya.

    Perwira Pertama TNI AD itu menuturkan, pentingnya khitanan bagi seorang laki-laki dari segi kesehatan maupun agama terutama agama Muslim sangat mewajibkan untuk berkhitan tersebut.

    Sedangkan dari sisi kesehatan sangat dianjurkan berkhitan untuk menjaga kesehatan alat vital. Bah hal tersebut juga dapat mencegah terjadinya infeksi maupun penyakit kelamin.

    “Khitanan bagi laki-laki wajib dari segi agama Islam.Dari kesehatan penting untuk menghindari penyakit kelamin,terlebih Infeksi saluran kencing (ISK). Sebab ISK terjadi karena alat kelamin kotor dan jarang dibersihkan hingga adanya tumpukan kotoran berdampak infeksi bakteri,” tutup Bambang Susanto.

    (ANTARA)