Bapas Bangun Karakter Klien melalui Bimbingan Kepribadian

    IST/BERITASAMPIT : Klien Bapas Sampit saat mendapatkan bimbingan dari tim konseling.

    SAMPIT – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengelar kegiatan bimbingan kepribadian untuk klien dengan mengusung tema “Tumbuhkan Jiwa Mandiri dan Berdaya Guna Pada Klien Pemasyarakatan Bapas Kelas II Sampit“.

    Dalam kegiatan tersebut, Bapas Sampit mengandeng Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) yakni Niswatun Luthfiah. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kasubsi Bimbingan Klien Dewasa Reza Febriansyah bertempat di aula Bapas Sampit, Selasa 7 Maret 2023.

    Dalam sambutannya, Kasubsi Bimbingan Klien Dewasa selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, Reza Febriansyah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut rutin dan wajib dilaksanakan.

    “Kegiatan bimbingan seperti ini rutin dan wajib dilaksanakan, karena sesuai salah satu tugas dan fungsi Bapas, yaitu melakukan pembimbingan kepada klien,” ucap Reza Febriansyah di Sampit.

    Lewat kegiatan ini juga dilakukan sesi Focus Group Discussion, Niswatun Luthfiah sebagai penanggung jawab sesi menjelaskan bahwa sesi tersebut bertujuan untuk memahami diri klien lebih dalam. Seperti bagaimana perasannya setelah kembali ke masyarakat dan apa saja kendala yang dialami selama membaur ke dalam masyarakat.

    “Penting untuk klien, karena jika klien sudah memahami diri maka akan lebih mudah untuk mengerti apa yang sebenarnya dibutuhkan dan akan lebih banyak bersyukur kepada kepada Allah SWT,” ungkapnya.

    IST/BERITASAMPIT – Foto bersama usai kegiatan.

    Selanjutnya terdapat beberapa sesi pembimbingan yang dikemas ke dalam bentuk permainan seperti Explain Yourself, Let it Free! dan Butterfly Hug. Salah satu anggota tim Psikologi Bapas Sampit, Naomi Fricilla menekankan bahwa sesi tersebut tidak hanya sebatas permainan belaka.

    “Beberapa permainan ini tentunya akan meningkat tingkat kesulitannya di setiap tahapannya, tujuannya adalah untuk membangun pemikiran positif dan percaya diri klien agar dapat berbaur kembali ke dalam kehidupan bermasyarakat,” sebut Naomi.

    (baim).