Fraksi PDIP: Bahaya Kebakaran Semakin Tinggi Seiring Berkembangnya Teknologi

    NARDI/ BERITA SAMPIT- Ketua Fraksi PDIP Paisal Damarsing 

    SAMPIT – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Paisal Damarsing mengatakan bahaya kebakaran juga muncul seiring dengan berkembang dan kemajuan teknologi serta ilmu pengetahuan yang mempengaruhi pola tingkah laku masyarakat yang hidup di wilayah perkotaan.

    Seiring dengan lajunya pembangunan maka kepadatan penduduk di wilayah perkotaan menjadi semakin tinggi, pertumbuhan kawasan perkotaan akibat pertambahan penduduk menyebabkan aktivitas masyarakat menjadi semakin tinggi yang menyebabkan risiko terjadinya kebakaran menjadi lebih besar.

    “Oleh sebab itu maka diperlukan usaha terus menerus dan berkesinambungan untuk mengurangi atau menghilangkan risiko kebakaran,” kata Paisal, Selasa 7 Maret 2023.

    Upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memberikan rasa aman yang maksimal terhadap setiap jiwa yang berada di wilayah pemerintah daerah kabupaten kotawaringin timur.

    Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat dan harta benda yang dibawah kekuasaannya serta berhak atas rasa aman.

    Berdasarkan hal tersebut maka negara atau pemerintah wajib melindungi dan berupaya mencegah akan adanya bahaya yang dapat mengancam hak asasi setiap orang sebagaimana tercantum dalam pasal 286 ayat (1) UUD 1945

    Pemerintah daerah diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dan memberi payung hukum dalam upaya-upaya melindungi masyarakat dan bahaya kebakaran dan penyelamatan setiap warga masyarakat.

    “Oleh sebab itu pula maka fraksi kami mengapresiasi atas diajukannya ranperda ini, sebagai payung hukum dalam penanggulangan bahaya kebakaran dan penyelamatan warga masyarakat di kab. Kotawaringin timur selanjutnya,” pungkasnya. (Nardi)