Dispora Kotim Perkuat Kemitraan dengan Organisasi Olahraga untuk Pembinaan dan Kembangkan Prestasi

    Prosesi pengalungan nama peserta menandai dibukanya pelatihan kemitraan organisasi olahraga yang digelar Dispora Kotawaringin Timur, Kamis (9/3/2023)

    SAMPIT – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah memperkuat kemitraan dengan organisasi olahraga untuk pembinaan dan pengembangan prestasi di daerah.

    “Harapannya akan ada sinergi atau hubungan yang baik antara organisasi olahraga dengan Dispora, khususnya KONI dan KORMI. Ini supaya upaya yang dilakukan bisa lebih optimal,” kata Sekretaris Dispora Kotawaringin Timur Yolanda Lonita Fenisia di Sampit, Kamis 9 Maret 2023.

    Hal itu disampaikan Yolanda saat membuka pelatihan kemitraan organisasi olahraga yang dihadiri 35 peserta dari pengurus cabang olahraga, induk organisasi olahraga, dan guru penjaskes.

    Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), dan Dispora.

    Peserta diberi pemahaman terkait visi dan misi pengembangan olahraga di daerah sehingga diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah.

    Dia menjelaskan, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan mengamanatkan keolahragaan harus mampu menjamin pemerataan kesempatan olahraga, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen olahraga secara berkelanjutan untuk menghadapi tantangan sesuai tuntutan dan dinamika perubahan dalam keolahragaan, baik nasional maupun internasional.

    Olahraga juga bertujuan memelihara dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran prestasi, kecerdasan, dan kualitas manusia serta menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportivitas, kompetitif, dan disiplin.

    Selain itu, olahraga juga dapat mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkukuh ketahanan nasional, mengangkat harkat, martabat, dan kehormatan bangsa dan menjaga perdamaian dunia.

    Untuk itu pemerintah melaksanakan desain besar olahraga nasional di daerah dengan menetapkan desain olahraga daerah. Pemerintah daerah juga mengatur, membina, dan mengembangkan keolahragaan di daerah.

    Pemerintah daerah melalui Dispora mengoordinasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi penyelenggaraan keolahragaan di daerah. Untuk itu diharapkan terjalin sinergi yang baik dengan organisasi olahraga dan insan olahraga di daerah.

    Pemerintah daerah juga memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan untuk organisasi olahraga, organisasi lain atau perseorangan.

    Bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional ke-39 pada 2022, Pemkab Kotim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga telah memberikan penghargaan olahraga kepada empat orang pembina cabang olahraga yang sangat berperan dalam mengembangkan olahraga di kabupaten tersebut yaitu dari PSSI, IPSI, PBVSI, dan Perbasi.

    “Ke depan, Dispora Kotim mengupayakan agar lebih banyak pelaku olahraga yang mendapat apresiasi penghargaan sehingga dapat menumbuhkembangkan semangat dan memberikan motivasi untuk lebih mengharumkan nama kabupaten Kotawaringin Timur melalui cabang olahraga yang diikuti masing-masing olahragawan,” demikian Yolanda.

    (ANTARA)