Mina Irawati Ahmadi Riansyah: Festival Musik Terbangan untuk Menggali dan Mensyiarkan Seni dan Budaya Islam 

    Mina Irawati Ahmadi Riansyah, pada acara Festival Musik Terbangan di Desa Teluk Bogam.

    PANGKALAN BUN – Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harla) ke 4 Baitul Muslimat Kabupaten Kotawaringin Barat, menggelar festival  musik tradisional Hadrah/terbangan, kegiatan itu di ikuti oleh seluruh kelompok terbangan yang ada di Kecamatan Kumai, Sabtu 11 Maret 2023.

    Kegiatan festival Terbangan ihh di kemas dalam acara puncak Hatla Ke 4 Baitul Muslimat di desa Teluk Bogam, kegiatan tersebut dihadiri juga Ketua DPC PDIP Kobar Ahmadi Riansyah dan Wakil Ketua I DPRD Kobar Mulyadin. Dan di isi ceramah oleh Habib Ahmad Fadilah Bachin.

    Ketua Baitul Muslimat Kobar Mina Irawati Ahmadi Riansyah mengatakan, kegiatan  festival terbangan ini di pusatkan di desa Teluk Bogam Kecamatan Kumai. Yang tujuannya Untuk menggali dan mensyiarkan kembali seni dan budaya Islam.

    “Festival terbangan ini untuk tahun depan akan  kita laksanakan untuk umum , sementara ini hanya untuk Kecamatan Kumai saja, seharusnya kita sudah  jadwalkan sejak  tahun lalu tetapi karena masih Pandemi Covid-19 terpaksan kita tunda, kami pun telah mengagendakan kegiatan festival terbangan ini yang d nantinya akan melibatkan seluruh grup terbangan yang ada di Kobar,” kata Istri mantan Wakil Bupati Kobar periode 2017-2022.

    Mina Irawati juga menambahkan, bahwa seni dan budaya Islam, khususnya Hadrah saat ini mulai tergerus oleh musik musik modern. Sehingga bagi Baitul Muslimat yang merupakan organisasi sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berkewajiban untuk melestarikan musik tradisional bernuansa islami.

    Politisi PDIP juga menyampaikan, pengembangan sayap Baitul Muslimat di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat makin luas, hingga saat ini Baitul Muslimat telah berdiri di tiga Kecamatan se Kobar yakni Kecamatan Kumai, Pangkalan Banteng dan Kecamatan Arut Selatan.

    “Srikandi PDIP Pengurus Kabupaten merupakan koordinator di Kecamatan masing masing, tanpa terasa 4 tahun Baitul Muslimat berkiprah dalam menguatkan jalinan ukhuwah Islamiyah di Bumi Marunting Batu Aji ini,” ujar Mina Irawati Ahmadi Riansyah.

    Dimana menurutnya, terbentuknya Baitul Muslimat ini untuk mempererat ukhuwah Islamiyah sesama kader PDI Perjuangan maupun dengan masyarakat luas, khususnya ibu ibu, sebab ukhuwah ini sangat penting agar umat Islam tidak bisa di pecah belah oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

    “Kehadiran kami ditengah masyarakat, mempererat ikatan persaudaraan melalui syiar Islam, jadi setiap pertemuan seluruh anggota Baitul Muslimat ini selalu di isi kegiatan ceramah ataupun pengajian, Baitul Muslimat dibentuk oleh Partai besar PDIP guna memperkokoh syiar Islam, kalau keimanan kita sudah kuat maka yakinlah tidak bisa di pecah belah,” pungkas Mina Irawati. (Man)