Polres Barsel Gelar Wayang Kulit Dengan Lakon Wahyu Ketentraman

    DEDDY/BERITA SAMPIT - Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman, SIK., MIK saat menyerahkan wayang kulit kepada dalang sebagai tanda pagelaran wayang dimulai.

    BUNTOK – Polres Barito Selatan (Barsel) menggelar kesenian wayang kulit dengan lakon wahyu ketentraman, Sabtu 12 Maret 2023 bertempat di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Jaro Pirarahan Buntok.

    “Kegiatan tersebut dilaksanakan karena banyaknya saran dan masukan dari berbagai kelompok masyarakat khususnya suku Jawa di kota Buntok,”kata Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman, SIK., MIK kepada awak media disela-sela pagelaran wayang kulit tersebut.

    Dilaksanakannya pagelaran kesenian wayang kulit ini adalah untuk memperkenalkan atau menghidupkan kembali akan seni budaya yang ada di Barsel.

    “Ini sebagai awal dan kedepannya nanti kita akan bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat untuk kembali menyemarakan seni-seni budaya yang ada di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus yang kita cintai bersama ini,” kata Yusfandi Usman.

    Di dalam pagelaran wayang kulit ini lanjut pria yang selalu akrab dengan awak media ini, ada pesan-pesan tersendiri yang dititipkan dari pihak panitia karena akan memasuki bulan suci Ramadan.

    “Mungkin dalang nanti akan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas bahwa menjelang bulan suci ramadhan kita harus tetap menjaga situasi Barsel menjadi aman dan tentram,” jelasnya.

    Oleh karena itu, kata dia, lakon pagelaran wayang kulit ini adalah wahyu ketentraman. Jadi tujuan atau pesan moral dari pagelaran wayang kulit ini adalah agar bersama-sama menjaga situasi daerah atau wilayah menjadi kondusif dan tentram, terlebih dalam waktu dekat ini akan memasuki bulan yang penuh berkah. (Ded).