Antisipasi DBD, Dewan Minta Dinkes Gencar Sosialisasi

    LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Murung Raya, Rahmat Hidayat, SKM.

    PURUK CAHU- Anggota DPRD Murung Raya, Rahmat Hidayat meminta Dinas Kesehatan untuk gencar mengantisipasi munculnya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) ketika musim hujan.

    “Memang beberapa hari ini, Murung Raya selalu diguyur hujan yang cukup deras, maka dari itu jangan sampai kondisi lembab tersebut mengakibatkan munculnya wabah DBD di lingkup pemukiman warga yang dapat membahayakan kesehatan,” kata Rahmat, Kamis 13 Maret 2023.

    Oleh karena itu, dirinya terus mengingatkan kepada seluruh petugas kesehatan agar memperhatikan hal tersebut. Terlebih selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahayanya DBD.

    la mengungkapkan, jangan sampai masyarakat yang berdomisili di Murung Raya resah akibat munculnya wabah yang dapat membahayakan nyawa manusia. Nyamuk Aedes Aegypti penular penyakit mematikan itu harus dibasmi.

    “Terlebih dahulu, dari pada kita nanti yang menjadi korbannya. Maka dari itu selain masyarakat petugas dari puskesmas dan Dinkes di daerah setempat harus aktif melakukan sosialisasi serta lain sebagainya,” ucapnya

    Sosialisasi itu menurut dia, seperti memberikan penyuluhan dan selalu melaksanakan 3M atau menguras, menutup dan mengubur sampah yang berpotensi sebagai sarang nyamuk.

    “Salah satunya yaitu membersihkan lingkungan rumah dari adanya genangan-genangan air yang mengendap akibat guyuran hujan dan lain sebagainya, karena hal tersebut bisa menjadi berkembangnya nyamuk DBD,” pungkasnya.(Lulus).