Barsel Kembali Berikan Subsidi bagi Penumpang Transportasi Umum

    DEDDY/BERITA SAMPIT: Kadishub Barsel Ir. Daud Danda,MM

    BUNTOK – Penumpang sektor transportasi umum darat dan sungai di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) akan menerima kembali bantuan subsidi. Hal ini dilakukan mengantisipasi dampak inflansi di daerah itu.

    Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Barsel Ir. Daud Danda, Selasa 14 Maret 2023 mengatakan, pemberian bantuan subsidi bagi penumpang yang menggunakan sarana transportasi umum darat dan sungai cenderung mengalami kenaikan yang diakibatkan naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

    “Oleh karena itu, pemerintah berupaya untuk meringankan beban masyarakat dengan memberikan bantuan dalam berbagai bentuk baik sosial maupun subsidi,” katanya.

    Menurutnya, subsidi sektor transportasi yang disalurkan tersebut adalah subsidi tarif angkutan penumpang sebesar maksimal 30 persen dari tarif penumpang sebelumnya sesuai dengan kenaikan harga BBM dan harga kenaikan transport baik darat dan sungai.

    “Jadi setiap hari, kita selalu memantau berapa jumlah penumpang yang keluar maupun datang sehingga dari jumlah tersebut disubsidikan setiap bulan kepada pihak pengelola jasa angkutan darat maupun sungai,” jelasnya.

    Adapun besaran jumlah subsidi yang diberikan lanjutnya, bervariasi dengan maksimal 30 persen misalnya Rp130.000 maksimal subsidi yang diberikan Rp30.000.

    “Besaran Rp30.000 ini disubsidi, sedangkan Rp100.000 tetap sesuai yang awal. Jadi yang kenaikannya adalah sewa, karena adanya kenaikan BBM dan itu yang pemerintah daerah berikan,” terangnya.

    Ditambahkannya, subsidi tahun 2023 ini pastinya ada penambahan apabila dibandingkan di tahun 2022 lalu karena masih mengacu masa pademi dan sekarang kondisi sudah normal.

    “Artinya tidak ada lagi pademi, sehingga aktifitas angkutan darat dan sungai juga semakin meningkat yang jelas adanya subsidi ini adalah untuk mencegah supaya jangan terjadi inflansi khususnya di Barsel,” pungkas Daud Danda.(Ded)