Dewan Minta Pendataan Bansos Harus Akurat

    HARDI/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siswandi.

    PALANGKA RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) baik provinsi maupun kabupaten dan kota ketika melakukan pendataan pemberian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat data harus akurat, hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi melalui rilis yang diterima pada Selasa 14 Marer 2023.

    Siswandi menjelaskan, hal itu dilakukan agar bansos yang disalurkan bisa benar-benar tepat sasaran dan sesuai data bahwa yang mendapatkannya masyarakat kurang mampu, bukan kalangan masyarakat yang tergolong mampu terutama dalam memenuhi kebutuhan.

    “Menjelang bulan Ramadan biasanya ada bansos dari pemda yang akan disalurkan, tentu kita mendukung itu. Tapi kita minta dalam hal pendataan harus akurat biar nanti penyalurannya benar-benar tepat sasaran,” ucapnya.

    Ia menambahkan, terkait hal itu juga pihaknya sudah berpesan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) supaya nanti dalam hal penyaluran bansos ini agar dijaring secara matang, sehingga keluarga yang memang membutuhkan yang menerimanya.

    “Begitu juga pelaksanaan pasar penyeimbang, kalau bisa pasar itu diperuntuhkan untuk keluarga menengah kebawah yang perekonomiannya dibawah standart, jadi selain bansos program lainnya juga bisa tepat sasaran,” jelasnya.

    Pemberian bansos baik berupa sembako maupun kegiatan lain melalui program yang dicanangkan dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu memang patut diapresiasi apalagi menjelang bulan Ramdan yang sementar lagi akan jalani oleh umat muslim.

    “Bantuan sosial serta program seperti pasar penyeimbang ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakag kalangan bawah, apalagi pasca pandemi Covid-19 ini, tentu ekonomi masyarakat belum benar-benar pulih seutuhnya,” tandasnya. (Hardi)