Perbaikan Fender Jembatan Kalahien Menunggu Hasil Perhitungan Anggaran

    DEDDY/BERITA SAMPIT: Kadishub Barsel Ir. Daud Danda,MM (kanan) dan Kabid SDPLU I Wayan Sudarta,SH.

    BUNTOK – Perbaikan fender jembatan kalahien Kabupaten Barito Selatan (Barsel), masih menunggu perhitungan anggaran biaya dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Kalteng.

    Hal tersebut disampaikan oleh, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Barsel Ir. Daud Danda didampingi Kabid SDPLU I Wayan Sudarta, Selasa 14 Maret 2023.

    Diketahui fender jembatan kalahien ditabrak oleh TB (tugboat) Harlina 105 yang menarik tongkang BG Soekawati 303 1 Februari 2023 sekitar pukul 09.20 WIB, serta sisi pilecap jembatan kalahien, yang ditabrak oleh TB Marino 189 yang menarik tongkang BG MHKL 8 yang terjadi 2 Februari 2023 sekitar pukul 05.0O WIB-07.00 WIB.

    Daud Danda mengatakan, apabila suda ada perhitungan dari pihak BPJN Provinsi Kalteng maka pihak tongkang yang menabrak fender dan sisi pilecap jembatan kalahien akan segera memperbaikinya.

    Hal tersebut sesuai dengan, hasil pertemuan beberapa waktu yang telah lalu dengan pihak tongkang yang menabrak fender dan sisi pilecap jembatan kalahien.

    “Yang jelas untuk saat ini, masih menunggu hasil perhitungan berapa jumlah anggaran yang harus disiapkan untuk perbaikan jembatan kalahien tersebut,” katanya.

    Menurutnya, walaupun belum diperbaiki fender jembatan tersebut untuk sementara telah dipasang karet pengaman yang kuat sehingga aktifitas setiap kapal yang melintas berjalan normal seperti biasanya.

    “Saat ini segala aktifitas kapal yang melintas berjalan normal seperti biasanya,” jelasnya.

    Terkait kapal tongkang yang melintas apakah ada kapal pandu lanjutnya, pihaknya tidak mengetahui dan yang berhak memberikan jawaban adalah pihak Dishub Provinsi.

    “Kalau kita tetap, mendukung adanya kapal pandu tentunya yang berkualifikasi profesional, mempunyai keahlian dengan peralatan yang memadai setidaknya memiliki 3 kapal pandu,” terangnya.

    Ditambahkannya, kepada pihak penabrak fender dan sisi pilecap jembatan kalahien segera berkoordinasi dengan pihak BPJN Provinsi Kalteng supaya pelaksanaan perbaikannya cepat dilakukan.

    “Pastinya lebih cepat lebih baik, karena jembatan kalahien ini merupakan salah satu akses 4 kabupaten DAS Barito menuju ibukota provinsi,” tukas Daud Danda.(Ded)