Plt Sekda Kobar Juni Gultom: Dengan Menerapkan Pelindungan UHC Seluruh Masyarakat Kobar Bisa Berobat Gratis

    Pj Bupati Kobar Anang Dirjo, saat menerima Penghargaan UCH Award 2023 dari Mendagri Tito Karnavia, sisi lain Plt Sekda Kobar Juni Gultom, meluapkan kegembiraan bersalaman dengan Pj Bupati Kobar.

    PANGKALAN BUN –  Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Juni Gultom mengatakan saat ini Pemkab Kobar telah menerapkan dan mengoptimal pelindungan Universal Heatlth Coverage (UHC), diberbagai lokasi fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Kobar.

    “Maka dengan menerapkan perlindungan UCH tersebut ditahun ini 2023 seluruh warga masyarakat bisa berobat dengan tidak dipungut biaya alias gratis,“ kata Juni Gultom, saat diwawancarai Berita Sampit, Selasa 14 Maret 2023 malam

    Menurut Juni Gultom, penerapapan pelindungan UHC kerjasama dengan BPJS Kesehatan, yang dirancang Pj Bupati bersama DPRD Kobar dan Tim Anggaran Daerah. Sesuai Visi Misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diselaraskan dengan Visi Misi Gubernur Kalteng dan arahan Pj Bupati Kobar.

    Melalui program perlindungan UHC, lanjut Juni Gultom  karena memiliki sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu dengan biaya terjangkau, tanpa hambatan finansial.

    “Dulu kita sering mendengar banyak warga masyarakat Kobar yang sakit tidak berobat karena terkendala biaya, akhirnya mereka malas datang ketempat pelayanan berobat. Sekarang Alhamdullilah, berkat adanya perlindungan UHC, biarpun warga belum memiliki BPJS Kesehatan, tapi tetap bisa berobat dengan gratis,“ imbuh Juni Gultom.

    Dijelaskan Juni Gultom, bagi warga yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan, kemudian ada yang sakit silahkan mendatangi tempat pelayanan kesehatan, cukup memiliki KTP atau NIK  domisili di Kabupaten Kobar.

    “Dan nantinya bagi warga yang  sakit belum terdaftar di BPJS, kemudian berobat maka mereka  setelah berobat, dalam waktu sekitar 2 atau 3 harian langsung bakal memiliki kartu anggota BPJS Kesehatan,“ terang Juni Gultom.

    Seraya menambahkan, dengan adanya pelindungan UHC sekarang ini justru seluruh tempat pelayanan di Kabupaten Kobar, sedang giat meningkatkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

    Dan hasilnya, lanjut Juni Gultom, tadi siang Selasa 14 Maret 2023 Pj Bupati Kobar Anang Dirjo, di Balai Sudirman Jakarta  meraih Penghargaan UCH Award dari Wakil Presiden RI, yang disampaikan Mendagri Tito Karnavian. (Man)