Sukamara Gelar Sosialisasi dan Advokasi Pembentukan Forum PUSPA

    ENN/BERITA SAMPIT - Pembentukan Forum PUSPA di Sukamara.

    SUKAMARA – Staf Ahli Bupati Sukamara Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Syamsir Hidayat membuka kegiatan sosialisasi dan advokasi pembentukan forum partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak atau PUSPA yang digelar di Aula Dinas P3P2KB Sukamara, Rabu 15 Maret 2023.

    Syamsir Hidayat mengatakan bahwa ada lima arahan Presiden RI tentang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak diantaranya adalah peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, lalu ada peningkatan peran ibu dalam pendidikan anak selain itu ada juga penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Serta penurunan pekerja anak, dan pencegahan perkawinan anak.

    Karena itu, Syamsir Hidayat menerangkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan kebijakan pemerintah, perlu sinergi yang kuat dari kelima unsur pentahelix.

    “Yaitu peran akademisi, dunia usaha, komunitas, dan media, sangatlah dibutuhkan dalam memberi dukungan melalui diseminasi informasi, mengawal implementasi, melakukan berbagai program, hingga memberikan evaluasi dan masukan maka perlu di bentuk forum komunikasi PUSPA di Kabupaten Sukamara,” kata Syamsir Hidayat saat membuka kegiatan sosialisasi dan advokasi.

    Syamsir juga menerangkan jika forum tersebut juga bermitra dengan pemerintah yang akan terjun ke masyarakat, membantu mempercepat pemberdayaan perempuan, mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, kesenjangan ekonomi dan menghentikan perdagangan anak.

    “Jika kita menyamakan persepsi dan menyatukan tujuan maka bersama-sama kita dapat menjadi bagian dari solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan perempuan dan anak. mari kita berikan sumbangsih terbaik bagi kabupaten sukamara melalui puspa yang akan di bentuk,” terang Syamsir Hidayat. (enn).