Kemenag Barsel Imbau Masyarakat Tidak Main Petasan saat Ramadan

    DEDDY/BERITA SAMPIT – Kepala Kankemenag Barsel H. Arbaja,A.Ag.,M.A.P.

    BUNTOK – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah ini, khususnya para anak muda untuk tidak bermain petasan dan mercon di bulan suci Ramadan.

    Imbauan ini bertujuan agar nantinya tidak akan menggangu kekhusyukan ibadah saudara-saudara kita para muslimin dan muslimah yang menjalankan sholat tarawih dan ibadah puasa. Hal tersebut disampaikan oleh, Kepala Kankemenag Barsel H. Arbaja saat ditemui di ruang kerjanya Kamis, 16 Maret 2023.

    “Jadi kita mengimbau kepada para anak muda jangan terlalu berlebihan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H dengan menghidupkan petasan maupun mercon. Namun yang paling penting, kita menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H dengan penuh suka cita, berusaha melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya serta mengharap rahmat dan ridho dari Allah SWT,” katanya.

    Menurutnya, dengan menghidupkan petasan maupun mercon tergolong mubajir dari pada melakukan hal tersebut yang tentunya sangat mengganggu dan berbahaya.

    “Alangkah lebih indahnya misalnya uang yang akan dibelikan petasan maupun mercon tersebut disedekahkan ke anak yatim piatu, masjid, mushola dan langgar. Serta memberi makan, fakir miskin atau memberi makan dan minum orang yang akan berbuka puasa tentu fadilahnya sangat besar,” tukas Arbaja.(Ded)