Kepala Kankemenag Barsel: Pengumuman 1 Ramadhan 1444 H Menunggu Hasil Sidang Isbat

    DEDDY/BERITA SAMPIT – Kepala Kankemenag Barsel H. Arbaja,A.Ag.,M.A.P.

    BUNTOK – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menghimbau, bagi umat Islam di daerah ini untuk bisa bersabar menunggu pengumuman sidang isbat dari Kementerian Agama (Kemenag RI) tentang kepastian 1 Ramadhan 1444 H tahun 2023 ini.

    Kepala Kankemenag Barsel H. Arbaja saat ditemui di ruang kerjanya Kamis 16 Maret 2023 mengatakan, meskipun dari Muhamadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 144 H jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023, namun Kemenag RI tetap menghimbau untuk bersabar menunggu pengumuman hasil sidang isbat.

    “Kapanpun 1 Ramadhan 1444 H nantinya dilaksanakan kita serahkan sepenuhnya kepada masyarakat berdasarkan keyakinannya 1 Ramadhan 1444 H apa dilaksanakan di tanggal 23 Maret 2023. Namun pada intinya, saya menghimbau mari kita sama-sama melaksanakan ibadah puasa ramadhan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

    “Apabila sudah selesai dilaksanakan sidang isbat 1 Ramadan 1444 H tentunya dari pihak Kemenag Pusat langsung mengumumkan penetapan tanggal 1 Ramadan 1443 H sekaligus pengumuman awal, pelaksanaan ibadah puasa bagi seluruh umat Islam di Indonesia,” ungkap Arbaja menambahkan.

    Ia pun mengimbau seluruh umat Islam di daerah ini agar mempersiapkan diri dan qalbu untuk menyambut serta mengisi bulan suci ramadan dengan amaliyah terbaik yang kiranya bisa dilaksanakan dengan baik pula.

    Tidak kalah penting, lanjutnya, karena saat ini sudah semakin mendekati tahun politik otomatis melalui bulan suci ramadhan diminta bersama-sama mengendalikan hawa nafsu dan emosi.

    “Yang pada akhirnya menjadi insan yang beriman dan bertaqwa Insha Allah kita akan menghadapi tahun politik ini dengan sejuk, damai, indah, saling menghormati dan saling menghargai. Tentu saja ini, merupakan hal yang paling indah kalau kita bisa mencapai tujuan bernegara, beragama, secara seiring dan sejalan,” tukas Arbaja. (Ded)