Bupati Kotim Tanggapi Keluhan Pedagang Terhadap Menjamurnya Ritel Modern

    M. REDHA/BERITA SAMPIT - Bupati Kotim H Halikinnnor saat bersama Sekda Kotim H Fajrurahman.

    SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur, H Halikinnor menanggapi desakan sejumlah pedagang agar ritel modern ditutup.

    Menurut Halikinnor berdirinya ritel modern di daerah ini sepanjang memenuhi syarat perizinannya tidak masalah.

    “Berdirinya usaha ritel itu perlunya Izin persetujuan masyarakat, untuk yang di tidar itu bukan alfamart atau indomart tapi ada mart-martnya,” ujar Bupati Kotim saat di wawancarai media Berita Sampit.

    Selain itu tindakan yang tepat dari permasalahan yang ada wilayah Kotim agar dapat diselesaikan dengan beberapa pertimbangan dan proses dalam menggambil keputusan.

    “Kita bersama dinas terkait mencari solusi yang baik untuk kedua belah pihak, dan dinas terkait nantinya agar selektif mungkin, kita evaluasi dan awasi,” tegasnya.

    Adapun pendapatnya tentang kondisi perdagangan di Kotim sejauh ini sudah tertata dengan baik melalui kerjasama dengan dinas-dinas terkait.

    “Dinas koperasi juga bersama dinas lain nantinya bisa dibina itu pedagang, dibimbing, dan di bantu agar mereka tetap diperhatikan,” tuturnya, Kamis 16 Maret 2023

    Sebelumnya sejumlah pedagang meminta agar izin Indomaret dicabut di wilayah Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotim serta keberatan banyaknya ritel modern berdiri di daerah itu diduga banyak tanpa persetujuan masyarakat sekitar dan memperhatikan pedagang lainnya.(Redha).