Pasar Ramadan Akan Digelar di Lapangan Mini Sukamara

    ENN/BERITA SAMPIT - Pedagang dan UMKM di Sukamara memanfaatkan Lapangan Mini sebagai lokasi berjualan.

    SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara akan menggelar Pasar Ramadan yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadan yang jatuh pada pekan depan.

    Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Sukamara, Iswan Gemayana mengatakan bahwa pihaknya akan kembali menggelar pasar ramadan yang rencananya akan dipusatkan di lapangan mini Sukamara

    Iswan Gemayana menjelaskan bahwa pemilihan lokasi di Lapangan Mini telah berdasarkan keputusan bersama dan telah mendapat persetujuan pimpinan.

    “Sebelumnya ada beberapa tempat yang akan dijadikan lokasi pasar ramadan, tapi petunjuk pimpinan untuk lokasi ada di Lapangan mini atau depan masjid agung Sukamara,” kata Iswan Gemayana, Jumat 17 Maret 2023.

    Iswan menjelaskan hingga saat ini sudah ada 20 pedagang atau UMKM yang mendaftar untuk mendapatkan tempat di lokasi pasar ramadan tersebut, jumlah itu masih terhitung sedikit jika dibanding jumlah pedagang yang mendaftar pada tahun-tahun sebelumnya.

    “Sepertinya kurang banyak diminati karena lokasinya di Lapangan Mini, sebagian besar pedagang minta pasar ramadan dilaksanakan di Pelabuhan Tangsi,” kata Iswan Gemayana.

    Iswan menerangkan jika lokasi pasar Ramadan dilaksanakan di Pelabuhan Tangsi maka akan menimbulkan berbagai masalah seperti penutup jalan selama pasar ramadan berlangsung, selain itu lokasi Pelabuhan Tangsi sudah ditempati oleh sejumlah pedagang kaki lima.

    “Di pelabuhan itu sudah banyak pedagang yang berjualan di sana, tidak mungkin kami mengusir mereka yang sudah lama berjualan di sana,” terangnya.

    Iswan berharap dengan lokasi pasar ramadan yang berada di Lapangan Mini dapat membuat masyarakat yang menjalankan ibadah puasa menjadi lebih nyaman lantaran lokasi tersebut juga bisa dijadikan tempat ngabuburit. (enn).