Ribuan Masyarakat Gunung Mas Padati Taman Kota Kuala Kurun Ikuti Pawai Tarhib Ramadan

    M.SLH/BERITA SAMPIT - Sejumlah peserta saat mengikuti pawai tarhib ramadan 1444 Hijriah tahun 2023 di Taman Kota Kuala Kurun, Sabtu 18 Maret 2023.

    KUALA KURUN – Ribuan umat Islam dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengikuti pawai Tarhib Ramadan 1444 H tahun 2023, Sabtu 18 Maret 2023.

    Kegiatan yang mengambil start di Taman Kota Kuala Kurun, Kecamatan Kurun tersebut, dilepas langsung oleh Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daera (Forkopimda).

    Peserta pawai tarhib Ramadan tidak hanya diikuti para pelajar dari semua tingkatan sekolah, akan tetapi juga diikuti para ibu-ibu pengajian, ulama, Organisasi Masyarakat (Ormas), remaja masjid dan paguyuban kuliner Kurun Taman Kota.

    “Kegiatan ini sungguh sangat berkah dan bermanfaat bagi kita semua khususnya kaum muslimin, dan juga merupakan bentuk kegembiraan menyambut hadirnya bulan suci Ramadan, juga sebagai bentuk menumbuhkan semangat berpuasa pada kita semua khususnya kaum muslimin di bulan Ramadan,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Gunung Mas, Hairil Saleh Al Zainudin membacakan sambutan tertulis Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

    Lebih lanjut dikatakannya, pawai tarhib ramadan 1444 H ini adalah sebagai sarana silaturahmi antar sesama dan menjadikan media pengenalan kepada anak-anak, remaja-remaja agar dapat mencontohkan bagaimana harus bergembira dalam menyambut bulan Ramadan.

    “Selain itu juga menguatkan pemahaman dan pengetahuan kepada anak-anak didik kita tentang urgensi puasa Ramadan dan meningkatkan solidaritas serta empati terhadap sesama, Karena bulan suci ramadan mempunyai arti tersendiri yaitu bulan penuh dengan rahmat, maghfiroh dan ampunan dari Allah SWT,” tuturnya.

    “Semoga pawai tarhib ini sebagai ikhtiar dalam membangun Kabupaten Gunung Mas menuju lebih baik, terutama dalam terus menjaga keamanan, kerukunan umat beragama, dan saling menghormati, menghargai menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera serta baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,” sambungnya.

    M.SLH/BERITA SAMPIT – Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong saat foto bersama dengan para pemenang pawai tarhib ramadan 1444 Hijriah tahun 2023.

    Pada kesempatan itu juga, Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong menyambut baik kegiatan pawai tarhib ramadan 1444 H yang dilaksanakan oleh organisasi muslim muslimah yang ada di Kabupaten Gunung Mas.

    Melalui kegiatan ini, umat muslim di Gunung Mas khususnya di Kuala Kurun dapat bersama-sama bersuka cita menyambut dan menyemarakkan datangnya bulan suci ramadan 1444 H dengan kegiatan yang positif.

    “Melalui kegiatan pawai tarhib ramadan 1444 H ini akan terpupuk rasa persatuan dan kesatuan, tumbuhnya rasa kasih sayang dan saling menghormati di masyarakat Kabupaten Gunung Mas khususnya kaum muslimin di Kuala Kurun dan sekitarnya,” harap Jaya Samaya Monong.

    Dikatakannya, dalam menyambut bulan suci ramadan, tentunya tidak hanya mempersiapkan fisik dan kesehatan tubuh saja. Namun perlu juga membersihkan hati dan jiwa, sehingga ibadah puasa nanti dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, serta menjaga silaturahim dengan keluarga, dan masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

    “Dengan banyaknya peserta pawai tarhib ramadan yang hadir pada hari ini menandakan masyarakat kita sangat antusias, bergembira dan bersukacita menyambut datangnya bulan suci ramadhan ini. Semoga saja kegiatan positif ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dan menjadi momen kebersamaan kaum muslimin di Kabupaten Gunung Mas khususnya di Kuala Kurun dan sekitarnya,” tutupnya.

    Untuk diketahui, peserta pawai Tarhib Ramadan tersebut diikuti oleh 25 kelompok dengan peserta 1095 orang. Adapun yang juara satu dalam pawai tersebut, Pengajian Al-Hidayah Tewah, juara dua diraih oleh MI Nurul Yaqin, juara tiga diraih oleh Jamaah Yasinan Sabilir Rosyat Kuala Kurun.

    Sedangkan harapan satu diraih oleh Jamaah Yasinan Masjid Muhajirin, harapan dua diraih oleh RKM Ar Raudah, dan harapan tiga diraih oleh SMPN 1 Tewah. (Ale)