Sejumlah Nama Digadang-Gadang Jadi Penantang Petahana di Pilkada Kotim 2024

IST/BERITA SAMPIT- Para tokoh yang digadang akan maju di Pilkada Kotim 2024.

SAMPIT – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), sejumlah nama mulai disebut-sebut akan menjadi penantang untuk sang petahana. Mulai dari kalangan politisi ada HM Jhon Krisli, Suprianti Rambat, M Rudini Darwan Ali, hingga Zam’an. Sementara dari kalangan birokrat ada nama Fajrurrahman.

Sosok Ketua DPC Demokrat Kotim, M Jhon Krisli dipercaya banyak kalangan akan maju dalam panggung Pilkada Kotim nanti. Apalagi, ia pernah menjabat Ketua DPRD Kotim dua periode tentunya menjadi lawan yang kuat untuk meraih suara di ajang Pilkada Kotim.

Selanjutnya M Rudini Darwan Ali Ketua DPD Partai PAN Kotim. Ia merupakan anggota DPRD Kotim periode 2014-2019, dan juga sempat ikut meramaikan pesta Pilkada Kotim tahun 2020 lalu, namun harus puas di posisi kedua.

Selain itu juga Suprianti Rambat dari Partai Gerindra bisa saja kembali bertarung di panggung Pilkada 2024 setelah dulu harus puas di posisi ketiga.

Zam’an Ketua DPD Golkar Kotim juga berpeluang maju mengingat dari beberapa kali Pilkada Kotim, Golkar selalu mengusung kader sendiri.

Tidak hanya itu Irawati juga berpeluang maju menjadi penantang Halikinnor, termasuk Sekda Kotim saat ini Fajrurrahman.

Aktivis di Kotim Arsusanto menyebut sejauh nama-nama itu memang berpeluang maju di Pilkada Kotim 2024 nanti jika melihat dari elektabilitasnya. Sementara, nama lain diakuinya belum ada muncul, namum demikian melihat dari trackrecord mereka tentu akan jadi penantang kuat bagi sang petahana.

“Bisa juga dari nama-nama ini saling berpasangan, melihat perolehan kursi pada Pileg 2024 ini nanti,” katanya, Senin 20 Maret 2023.

Petahana juga kata dia tentu tidak bisa dianggap enteng, dari beberapa kali Pilkada Kotim petahana jarang bisa dikalahkan. “Kita lihat peta politiknya, ada berapa pasang dan siapa berpasangan dengan siapa,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Hanura, Hari Rahmad Panca Setia mengaku saat ini masih melihat elektabilitas bakal calon siapa nanti yang akan mereka dukung.

Namum diakuinya saat ini nama baru yang patut diperhitungkan Fajrurrahman, yang diakuinya hampir sama persis jejak karirnya seperti Halikinnor saat jadi birokrat.

“Jika jadi penantang petahana, Fajrurrahman memang sangat tidak mungkin, namun bisa saja Bupati maju di Pilkada Kalteng, Fajrurrahman besar peluang maju di Pilkada Kotim,” tukasnya.

Bukan tidak mungkin kata dia Halikinnor maju di Pilkada Kalteng, mengingat dari sejumlah bupati yang aktif hingga 2024 hanya Halikinnor saja. Selain itu Halikinnor juga saat ini menjabat sebagai Ketia DPC PDI Kotim.

Diketahui Pemilihan Bupati Kabupaten Kotim resmi dilakukan pada 27 November 2024 mendatang. Hal itu, merujuk peluncuran hari pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) serentak yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI).

“Dari hasil peluncuran yang kami saksikan, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang,” ujar Ketua KPU Kotim, Siti Fathonah, Selasa 15 Februari 2022. (Nardi)