Hari Pertama Tarawih, Jamaah Penuhi Masjid Ar-Rahman

REDHA/BERITA SAMPIT - Suasana tarawih hari pertama bulan Ramadan tahun 1444 H di masjid Ar-Rahman.

TAMIANG LAYANG – Hari pertama salat tarawih bulan ramadan 1444 hijriah di masjid Ar-Rahman Jalan Ahmad Yani Nomor 3, Kabupaten Barito Timur dipenuhi jamaah.

Perwakilan pengurus masjid yakni Abdul Rahman menyampaikan, hasil sidang isbat bahwa malam ini sudah waktunya melaksanakan salat sunah tarawih.

“Malam ini sudah masuk bulan Ramadan dan malam ini kita melaksanakan tarawih 23 rakaat,” katanya, Rabu 22 Maret 2023.

Awalnya kata dia, pengurus masjid hanya memperkirakan sekitar tiga baris saja jamaah salat tarawih datang ke masjid tersebut.

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

Namum setelah pemberitahuan dari masjid Ar-Rahman bahwa salat tarawih sudah dilaksanakan, diperkirakan ada seribu lebih warga yang semangat datang saat salat Isya dan dilanjutkan dengan tarawih berjamaah.

Dari pantauan awak media Berita Sampit, yang hadir hingga batas teras masjid bagi barisan perempuan.

Kata Abdul Rahman, dasar umat Islam melaksanakan salat tarawih 23 rakaat dari hadis riwayat Imam Malik dari Yazid Ibnu Ruman.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

“Orang-orang (sahabat dan tabiin) menjalankan salat pada masa Khalifah Umar bin Khatab RA di bulan Ramadan sebanyak 23 rakaat,” riwayat Imam Malik dari Yazid Ibnu Ruman.

Adapun tentang ganjaran yang diberikan bagi yang mengamalkan hanya untuk tunduk dan patuh pada perintah Tuhan (Allah SWT).

“Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau,” (HR al-Bukhari, Muslim dan lainnya). (Redha).