Jaga Kamtibmas, Polda Kalteng Gelar Patroli Ramadan

Direktur Samapta Polda Kalteng Cahyo Widiarso saat diwawancarai ANTARA di Palangka Raya, Jumat (24/3/2023). ANTARA/Adi Wibowo

PALANGKA RAYA – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah  (Kalteng) menggelar program Patroli Ramadhan 1444 Hijriah untuk menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) di wilayah hukum kerjanya.

Direktur Samapta Polda Kalteng Kombes Pol Cahyo Widiarso di Palangka Raya, Jumat mengatakan para personel Polda setempat selama bulan puasa ini akan terus meningkatkan pengawasan melalui program Patroli Ramadhan.

Ia menjelaskan program Patroli Ramadhan ini dilakukan para personel kepolisian dengan patroli berjalan kaki, menggunakan sepeda, kendaraan roda dua dan roda empat di sejumlah titik pemukiman warga dengan tujuan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

BACA JUGA:   Dua Bocah Jadi Korban Tabrak Lari Mobil Terekam CCTV, Begini Kronologis dan Identitasnya

Cahyo menuturkan, program Patroli Ramadhan tersebut juga berkolaborasi dengan personel Polresta Palangka Raya, sehingga hal-hal yang sifatnya dapat mengganggu keamanan masyarakat, dapat diantisipasi dengan kehadiran polisi di tengah masyarakat.

Bahkan, dia mengimbau masyarakat atau para remaja agar jangan menyalahgunakan bulan Ramadhan dengan cara melaksanakan hal-hal negatif, baik di malam hari maupun saat dini hari.

“Jangan datangnya bulan Ramadhan disalahgunakan seperti melakukan aktivitas malam hari yang dapat memicu gangguan kamtibmas. Bulan puasa ini seharusnya dimanfaatkan untuk perbanyak beribadah dan berbuat kebaikan,” katanya.

BACA JUGA:   Pembangunan Mall Jalan Lingkar Utara Distop

Perwira Polri berpangkat melati satu itu juga mengimbau seluruh para orang tua yang memiliki anak remaja atau dewasa agar selalu memantau pergaulannya saat mereka pulang malam hari.

“Jangan sampai mereka malah terlibat tindak kejahatan serta tawuran sarung yang sering dilakukan oleh anak-anak remaja dan dewasa. Peran orang tua sangat penting mencegah terkait hal tersebut tidak terjadi,” ujarnya.

Cahyo juga meminta Ketua RT dan RW untuk berperan serta dalam menjaga lingkungannya bersama warga, agar jangan sampai hal negatif itu terjadi di wilayahnya.

(ANTARA)