Kelompok Masyarakat Desa Gudang Seng Sukses Budidaya Lobster Bantuan CSR PT Adaro

REDHA/BERITA SAMPIT - Lobster air tawar.

TAMIANG LAYANG – Kelompok masyarakat di Desa Gudang Seng, Kecamatan Banua Lima, Kabupaten Barito Timur (Bartim) sukses kembangkan lobster air tawar, Bantuan Corporation Social Responsibility (CSR) atau disebut tanggung jawab sosial perusahaan.

Pembudidaya lobster, Asmuni mengabarkan bahwa pihak perusahaan setempat memberikan bantuan bibit lobster pada tahun lalu dengan jumlah 100 ekor. Sekarang sudah seribu lebih anakan hasil budidaya.

“Saya terima bantuan lobster air tawar sebagai CSR dari PT. Adaro tahun lalu dan sekarang sudah ribuan bibit yang bisa dihasilkan dari 100 indukan,” ujarnya kepada Berita Sampit, Minggu 26 Maret 2023.

Dia juga menawarkan lobster air tawar dengan jumlah 15 ekor pasangan siap dirawat. “Kita menjual 1 paketnya 6 ekor jantan 9 ekor betina Rp350 ribu ukuran dewasa siap dibudidayakan,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini Asmuni menambahkan, bahwa dalam usaha ini sudah pernah menjual satu paket ke Kabupaten Katingan.

Selain itu Asmuni ingin membuka mitra untuk mengembangkan lobster air tawar dengan target pasar perhotelan dan restoran. “Ada pesanan dari luar daerah untuk perhotelan dan restoran, namun terkendala sumber daya manusia untuk mengelola pasokan lebih besar,” ungkapnya.

Menurut Dia, dalam proses pembudidayaan ada hal-hal yang harus disiapkan, mengingat perlunya perawatan dan pakan yang meningkatkan tumbuh kembang lobster air tawar.

“Ada yang kita perhatian sebelum memulai, seperti perlengkapan standar kolam, pemijahan, perkawinan dan pengembangan hingga dewasa, pakan yang rutin menjadi kunci budidaya lobster air tawar,” ungkapnya.

Selama proses pembudidayaan pihak perusahaan tambang sering melakukan kunjungan pengamatan di kolam budidaya ikan lobster air tawar. Selain itu pihak perusahaan tambang juga beberapa kali meninjau perkembangan budidaya lobster air tawar ini.

Perlu diketahui, adapun kontak yang bisa dihubungi untuk mitra kerjasama yaitu Asmuni (085350400777) membuka kesempatan agar bisa mengembangkan lobster air tawar ke berbagai daerah. (Redha).