Bingka Barandam Santapan yang Cocok untuk Berbuka Puasa

AHMAD/BERITASAMPIT - Saat bulan Ramadan kue bingka barandam jadi makanan favorit untuk berbuka.

Bingka Barandam salah satu kue favorite yang selalu diburu masyarakat untuk berbuka puasa, bahkan kue ini mudah dijumpai pada saat bulan puasa saja. Kue ini banyak dijual di sejumlah penjual kue sudut Kota Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan.

AHMAD SYARIFUDIN, SERUYAN

SALAH satu makanan paling dicari warga Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, adalah kue bingka barandam. Kue khas daerah banjar ini banyak diminati masyarakat khususnya untuk dijadikan santapan untuk berbuka puasa.

Makanan yang satu ini masih tetap eksis di meja makan sebagai menu utama pada saat berbuka puasa, begitu juga di lapak-lapak penjual takjil yang biasanya menjajakan jualan pada saat menjelang sore hari.

Misalnya, salah seorang penjual yang masih tetap eksis berjualan kue bingka barandam ini adalah seorang pemuda bernama Ganang Shahih.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Hadiri Sosialisasi dan Asistensi BOSP 2024

“Iya Alhamdulillah, ini jadi salah satu menu takjil yang dicari orang untuk dijadikan sebagai santapan untuk berbuka puasa,” kata Ganang saat ditemui di depan Stadion Gagah Lurus Kuala Pembuang, Rabu 29 Maret 2023.

Ganang menyebut, kue ini banyak diminati ketimbang kue lain yang dia jajakan dengan menggunakan mobilnya. Dari beberapa macam kue jualannya, kue bingka barandam selalu menjadi primadona.

“Selain bingka barandam, ada kue puding zebra, bolu gulung pandan dan sari india, bingka barandam paling banyak diminati,” ujar.

Dia mengaku, selalu berjualan kue bingka barandam saat bulan Ramadan, karena kue yang memang identik sebagai menu wajib untuk berbuka puasa warga banjar ini relatif sulit ditemukan pada hari-hari biasa.

BACA JUGA:   Pemkab Seruyan Gelar Buka Puasa Bersama Unsur Forkopimda, Toga dan Tomas

“Iya mengambil moment bulan Ramadan aja, saya jualan kue ini sudah 7 tahun bang setiap bulan Ramahan start dari pukul 15.00 – 17.30 WIB,” katanya.

Dia mengaku setiap harinya mampu menghabiskan rata-rata 60 hingga 80 buah, “Sengaja nggak stok banyak biar menjaga kwalitas,” imbuhnya.

Sementara harga kue yang dijualnya cukup bervariasi, bingka barandam Rp 5000, sari india Rp 20.000, puding zebra Ro 15.000 dan bolu gulung pandan 15.000.

Keunikan utama dari makanan yang satu ini terletakn pada kuah (gula) yang berfungsi sebagai kuah perendam yang bercitarasa manis saat dimakan.(***)