Legislator Golkar Ini Ungkap Pemicu Pernikahan Usia Dini

LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Mura, Olivia Wiswanti, SE.

PURUK CAHU- Anggota DPRD Murung Raya dari Partai Golongan Karya (Golkar) Olivia Wiswanti menyebutkan faktor-faktor penyebab pernikahan dini antara lain faktor kemiskinan, geografis, kurangnya akses terhadap pendidikan, ketidaksetaraan gender, konflik sosial dan bencana.

Kemudian juga menurutnya, faktor kemajuan teknologi juga menjadi salah satu pemicu yang cukup besar dampaknya, apabila digunakan dalam kegiatan yang negatif, sangat penting bagi orang tua mengawasi dan mengontrol anak-anak sejak usia dini dalam penggunaan gadget dan media sosial.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Begitu juga dengan kemajuan teknologi saat ini, mengimbau kepada seluruh orang tua dan masyarakat yang ada di Kabupaten Murung Raya dapat mengarahkan anak-anaknya dalam menggunakan teknologi untuk hal yang positif,” kata Oliva, Senin 10 April 2023.

Sedangkan angka pernikahan usia dini di Kalimantan Tengah saat ini terbilang tinggi, diakibatkan masalah ekonomi menjadi salah satu faktor pernikahan usia dini. Dalam keadaan ini orang tua tidak mampu membiayai anak. Sehingga memilih untuk segera menikahkan anaknya.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Guna mencegah naiknya angka pernikahan dini, saya berharap kalangan anak muda khususnya di Kabupaten Mura dapat melakukan kegiatan yang produktif. Disisi lain, orang tua juga dinilai berperan dan harus diberikan pemahaman secara masif,” pungkasnya. (Lulus).