Dewan Apresiasi Seminar Literasi Digital untuk Wirausaha Baru

IST/BERITA SAMPIT: Foto bersama kegiatan Seminar Peningkatan Literasi Digital bagi Calon Wirausaha Baru di Kabupaten Barito Utara di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Sabtu 8 April 2023.

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara, Mustafa Joyo Muchtar mengapreasiasi kegiatan Seminar Peningkatan Literasi Digital bagi Calon Wirausaha Baru di Kabupaten Barito Utara yang di gelar Kementerian Perindustrian melalui Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka di Gedung Balai Antang, Sabtu 8 April 2023.

“Seminar ini sangat baik bagi para wirausaha baru atau WUB dan industri kecil dan menengah di Kabupaten Barito Utara yang digelar oleh Kementerian Perindustrian melalui Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka,” kata Mustafa.

Dia mengharapkan semoga di Kabupaten Barito Utara dapat menghasilkan para wirausahawan baru yang berdaya saing, para peserta mengikuti seminar dapat menyerap ilmu yang diberikan sehingga mampu mengimplementasikan dalam usaha yang digelutinya masing-masing, agar para wirausahawan dan UMKM di daerah ini dapat memberikan sumbangsih nyata bagi kemajuan Kabupaten Barito Utara.

“Wirausahawan baru di Kabupaten Barito Utara kita harapkan mampu membaca peluang dan memanfaatkan perkembangan jaman yang saat ini didominasi perkembangan teknologi dan digitalisasi,” kata Mustafa.

Menurutnya dengan adanya seminar ini para calon WUB harus dibekali pengetahuan tentang peluang bisnis dan manajemen usaha, motivasi kewirausahaan, akses permodalan atau pembiayaan, legalitas usaha maupun perizinan lainnya, dan akses pemasaran produk, sehingga WUB dapat tumbuh menjadi mandiri dan berdaya saing.

Dilanjutkannya dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi yang semakin pesat, pemasaran produk IKM menjadi semakin mudah dan luas.

“Salah satu elemen kunci keberhasilan dalam memanfaatkan peluang tersebut adalah peningkatan literasi digital,” kata Mustafa.

Seminar dibuka oleh anggota Komisi VII DPR RI, H Iwan Kurniawan, dihadiri anggota DPRD Barito Utara H Tajeri dan Mustafa Joyo Muchtar, Kadis Perdagangan dan Perindustrian, narasumber, dan para WUB sebagai peserta seminar di Muara Teweh.

H. Iwan mengharapkan agar wirausahawan dan UMKM di Barut dapat memberikan sumbangsih nyata bagi kemajuan Kabupaten Barito Utara.

“Kita ingin pendapatan baik wirausahawan maupun UMKM meningkat sehingga dapat memberikan dampak bagi kemajuan daerah,” ungkapnya.

Selain itu, Industri Kecil dan Menengah (IKM) telah mampu menyerap sebanyak lebih dari 12 juta tenaga kerja, yang membuktikan bahwa IKM memiliki peran strategis dalam perekonomian, perkembangan industri nasional dan penyerapan tenaga kerja. Mengingat peran strategis IKM tersebut di Indonesia, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru (WUB) IKM di berbagai daerah.

Sementara itu, Pemerintah daerah Kabupaten Barito Utara menyambut baik pelaksanaan seminar yang digelar oleh Kementerian Perindustrian di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan itu. (isk)