Puluhan Personel Polres Sukamara Amankan Salat Id Warga Muhammadiyah 

Amankan : ENN/BERITA SAMPIT - Personel Polres Sukamara saat amankan Pelaksanaan solat Ied warga Muhammadiyah.

SUKAMARA – Kapolres Sukamara AKBP Dewa Made Palguna mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan puluhan personel untuk mengamankan pelaksanaan solat Ied yang dilakukan oleh warga Muhammadiyah Sukamara pada Jumat 21 April 2023.

Pengamanan dilakukan diberbagai titik disekitar lokasi atau masjid tempat salat Ied digelar oleh Warga Muhammadiyah yang melaksanakan lebaran lebih dulu dari yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Hal itu sesuai keputusan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memutuskan 1 Syawal 1444 H atau Idul Fiitri 2023 jatuh pada Jumat 21 April 2023. Penetapan tersebut didasari dengan penghitungan metode hisab wujudul hilal.

“Kita tempatkan personel ditempat-tempat masyarakat melakukan kegiatan ibadah salat Ied,” kata Dewa Palguna.

Sebelumnya, Dewa Made Palguna menjelaskan dalam kegiatan Operasi Ketupat 2023 pihaknya menerjunkan personel gabungan sebanyak 162 orang.

“Itu pasukan tim inti yang bergerak dalam pelayanan yang kami sebut operasi kemanusiaan,” kata Dewa Palguna.

Dewa Palguna menerangkan jika pihaknya berupaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, pihaknya juga membentuk dua tim untuk patroli kegiatan rutin yang ditingkatkan atau KRYD.

“Jadi ada dua tim lagi yang kami bentuk tentang KRYD kegiatan rutin yang ditingkatkan oleh kepolisian, kemudian giatpam masyarakat,” terang Dewa Palguna.

Dewa mengungkapkan dalam penyambutan hari lebaran nantinya ada tiga tim yang akan bertugas untuk menciptakan situasi aman dan nyaman bagi masyarakat. (enn)