Antisipasi Karhutla, Pemkot Palangka Raya Gelar Apel dan Simulasi Kesiapsiagaan

RAHUL/BERITA SAMPIT - Petugas Basarnas saat evakuasi kepada salah satu korban kebakaran akibat asap saat melakukan pemadaman api dalam simulasi kesiapsiagaan di Jalan Mahir Mahar KM 10 Kota Palangka Raya, Rabu, 26 Maret 2023.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya bersama aparat gabungan TNI-Polri dan Dinas terkait melaksanakan Apel dan Simulasi Peringatan Hari Kesiapsiagaan dan Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII, di halaman Polsubsektor Jekan Raya Mahir Mahar Km 10 Kota Palangka Raya, Rabu 26 April 2023.

Kegiatan ini dihadiri langsung Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah, Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu dan unsur Forkopimda Kota Palangka Raya.

Wali Kota Palangka Raya mengatakan bahwa kegiatan apel dan simulasi ini dalam rangka mengecek kesiapsiagaan para petugas dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

BACA JUGA:   Terkait Dugaan Malpraktik, RSUD Doris Ungkap Penanganan yang Dilakukan Sudah Sesuai Prosedur

“Kita ketahui bersama BMKG telah merilis bahwa sekarang sedang musim kekeringan, sehingga perlu adanya kesiapsiagaan dari petugas karhutla dalam menangani masalah yang nantinya terjadi,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani menyampaikan bahwa dari bulan Januari 2023-25 April 2023 terdapat tiga kasus kebakaran yang terjadi di Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya.

“Tiga kali kejadian, tetapi semuanya sudah bisa diatasi bersama dan rata-rata terjadi di Kelurahan Bukit Tunggal ini, kami pun sampai saat ini masih melakukan pemantauan untuk laporan karhutla dan selalu sigap dalam menghadapinya,” katanya, Rabu 26 April 2023.

BACA JUGA:   Pernyataan Sikap BKMP se-Kalimantan Terkait Kondisi Papua

Sementara itu, Kapolres Palangka Raya Kombes Pol.Budi Santosa, S.I.K.,M.H melalui Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polresta Palangka Raya, Kompol Ganda.B Napitupulu, S.H., M.H menambahkan, bahwa pihaknya menggencarkan patroli karhutla, dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, serta bencana kabut asap.

“Yang berada di wilayah hukum Polresta Palangka Raya, serta memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan yang dapat menimbulkan kebakaran hutan dan lahan,” tandasnya. (Rahul).