Anggota DPRD Kapuas Minta Pemda Perbaiki Jembatan Rusak Desa Bina Karya 

IST/BERITA SAMPIT - Jembatan penyebrangan warga, salah satu akses warga menuju ke Desa Palangkau Lama dan Desa Palangkau Baru, Kecamatan Kapuas Murung.

KUALA KAPUS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Indah Ayu Lestari, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kapuas memperbaiki jembatan titian di Desa Bina Karya, Kecamatan Kapuas Murung, yang mengalami kerusakan. Menurut Indah Ayu Lestari perbaikan sudah mendesak karena kepentingan warga sekitar.

“Masyarakat masih menggunakan jembatan penyeberangan dengan kondisi yang tidak layak atau sangat mengkhawatirkan. Banyak anak-anak sekolah lewat jembatan ini, saya khawatir jika tidak segera diperbaiki, maka akan bisa terjadi kejadian yang tidak diinginkan,” ucap Indah Ayu Lestari, Kamis 27 April 2023.

Legislator dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menyarankan, penanganan jembatan kalau bisa dikerjakan secara permanen beton, sehingga kekuatannya tahan lama.

Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu beberapa kali mendapat laporan dari masyarakat yang merupakan daerah pemilihan (dapil)-nya tersebut .

“Jembatan ini satu-satunya akses bagi warga Kampung , mereka membangun jembatan itu dengan anggaran swadaya masyarakat dan ketika rusak mereka berinisiatif mengganti sendiri kayu lantai jembatan itu agar tidak ambruk. Kondisi yang kini sudah semakin memprihatinkan, karna tanah di sekit sedikit demi sedikit terkikis aliran air deras dan kayu semakin lapuk,” ujarnya.

Dia meminta Pemerintah Daerah membangun jembatan yang lebih layak. Indah Ayu Lestari percaya Pemda memiliki anggaran untuk pembangunan.

“Saya minta Pemda untuk membangun jembatan penyeberangan tersebut agar warga bisa menggunakannya dengan nyaman dan aman, jangan sampai terjadi adanya korban baru melakukan perbaikan dan jangan berdalih tidak mempunyai anggaran untuk kepentingan warga, karena dengan kondisi ekonomi seperti sekarang, warga sudah tidak mampu untuk menggantinya secara swadaya” ucapnya.

Jembatan titian di Desa Bina Karya, ini ada di kawasan Kecamatan Kapuas Murung jembatan ini menghubungkan beberapa desa setempat,Jembatan tersebut menjadi salah satu akses warga menuju ke Desa Palangkau Lama dan Desa Palangkau Baru, Kecamatan Kapuas Murung.

(Hasan)