Lulusan UPR Harus Memberikan Kontribusi Nyata Bagi Masyarakat

RAHUL/BERITA SAMPIT - Rektor UPR, Prof. Dr. Ir. Salampak, MS saat menyampaikan pidato pada acara wisuda UPR periode April tahun 2023, bertempat di Aula Palangka UPR, Sabtu, 29 April 2023.

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Prof. Dr. Ir. Salampak, MS mengatakan lulusan UPR harus terus berkarya dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sekitar.

Hal tersebut disampaikan Rektor UPR dalam pidato pada acara wisuda UPR periode April tahun 2023, bertempat di Aula Palangka UPR, Sabtu, 29 April 2023.

Rektor menyebutkan seorang pemimpin harus memiliki kemampuan melahirkan inovasi, selain itu juga seorang pemimpin adalah seorang motivator yang selalu kreatif dan imajinatif diwarnai mindset positif dan rasa ingin tau yang tinggi, penuh inisiasi dan memiliki kemauan yang kuat.

Guru Besar dari Fakultas pertanian itu melanjutkan bahwa, pembelajar tangguh itu adalah yang selalu melakukan tindakan belajar secara substansial.

“Pembelajar substansial adalah persis seperti yang disampaikan Bapak Pendidikan Indonesia yakni Ki Hajar Dewantoro, bahwa menjadikan rumah sebagai sekolah dan menjadikan setiap orang adalah guru,” beber Rektor dihadapan ratusan wisudawan

Lebih lanjut Prof Salampak menjelaskan bahwa saat ini Universitas Palangka Raya telah berubah status perguruan tinggi negeri (PTN) Satuan Kerja (Satker) menjadi PTN Badan Layanan Umum (BLU).

“Tentu UPR sekarang memiliki tantangan yang lebih besar, tetapi hal tersebut juga sekaligus memperbesar peluang kemajuan Universitas Palangka Raya yang mengimplementasikan rencana strategis dengan memperhatikan nilai-nilai luhur yang dimiliki,” terangnya

Sebagai pimpinan UPR yang telah diamanahkan dari pemerintah pusat, Salampak mengatakan bahwa dirinya terus berusaha mentransformasikan manajemen Universitas Palangka Raya.

“Melalui perencanaan strategis, dan berbagai pengelolaan sinergitas untuk menciptakan UPR yang berdaya saing, unggul dan berkarakter,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Rektor UPR, Prof Salampak mengapresiasi mahasiswa dan mahasiswi Universitas Palangka Raya yang telah mengharumkan nama baik UPR ke ajang nasional. (Rahul).